Wajib di Ketahui, Inilah Gejala Kanker Payudara yang Paling Sering Muncul

Ciri-ciri Kanker Payudara yang Paling Sering Muncul
Ciri-ciri Kanker Payudara

Disayangkan sedikit yang menyadari ciri kanker payudara, 70% penderita baru memeriksakan diri ketika memasuki stadium lanjut.

WOOP.ID - Wanita perlu lebih waspada dan mengenali penyakit-penyakit yang rawan menyerang mereka, salah satunya adalah kanker payudara. Salah satu langkah pencegahannya adalah dengan mengenali gejala-gejala fisik.   Jenis kanker yang berbahaya bagi wanita setelah kanker serviks ialah kanker payudara. Diketahui dari riset juga bahwa kanker menduduki urutan ketujuh sebagai penyebab kematian akibat penyakit di Indonesia setelah stroke, tuberculosis, hipertensi, cidera, perinatal, dan diabetes melitus.

Dan Organisasi kesehatan dunia, WHO bahkan meramalkan di tahun 2030, Indonesia akan mengalami peningkatan jumlah pasien kanker payudara sampai 7 kali lipat. Mengerikan, bukan?   Sangat penting mengamati beberapa gejala lain yang biasa ditemui pada penderita kanker payudara. Ini 6 ciri-ciri kanker payudara yang bisa dilihat wanita secara fisik pada tubuhnya menurut referensi Woop.

Ciri-ciri Kanker Payudara

1. Nyeri pada payudara atau puting

Puting Payudara
Puting Payudara

Terkadang rasa sakitnya muncul seperti sensasi panas terbakar. Karena, sel kanker akan menyerang sel-sel kulit sehat yang kemudian menyebabkan payudara nyeri saat ditekan.

Rasa sakit juga kadang muncul begitu saja meski payudara tidak disentuh atau tertekan. Tetapi, tidak semua wanita pengidap kanker payudara mengalami sakit di payudara. Semuanya tergantung pada respon masing-masing tubuh orang.  

2. Payudara memerah

Cara Mengecilkan Payudara
Payudara

Yang tidak boleh diabaikan dari gejala kanker payudara yaitu kemerahan pada kulit. Kanker payudara bisa membuat area kulit buah dada berubah warna.

Baca juga: Kisah Dian, Divonis Kanker Payudara Stadium 3 di Usia 26

Kulit bisa jadi tampak kemerahan, keunguan, atau kebiruan seperti memar. Apalagi jika ternyata perubahan warna ini tak kunjung hilang dan  berlangsung lama.

3. Benjolan pada payudara

Gejala Perimenopause - Nyeri Pada Payudara
Benjolan pada payudara

Ciri-ciri selanjutnya yang mudah dikenali adalah benjolan pada payudara. Jaringan payudara itu sendiri membentang hingga ke bawah lengan. Maka selain di area payudara, benjolan juga mungkin muncul di sekitar ketiak atau dada atas.

Benjolan kadang tidak terlihat langsung oleh mata telanjang, tapi akan terasa saat disentuh. Benjolan kanker biasanya tidak menyakitkan, meskipun beberapa orang justru memikirkan sebaliknya.  

4. Kelenjar getah bening membengkak

Sel kanker sangat bisa menyebar sampai ke kelenjar getah bening. Kelenjar getah bening adalah kumpulan dari jaringan sistem kekebalan tubuh yang bertugas melawan mikroorganisme asing, seperti sel kanker.