Jarang Di Sadari, Ketahui 7 Gejala Menopause Yang Paling Umum!

Jarang Di Sadari, Ketahui 7 Gejala Menopause Ini!
Gejala Menopause

Banyak perempuan yang enggak menyadari gejala umum dari menopause. Berikut sudah Woop rangkum gejala-gejalanya!

Menopause adalah hal yang enggak bisa dihindari oleh setiap perempuan. Menopause merupakan berakhirnya siklus menstruasi secara alami yang dialami perempuan. Pada umumnya, hal ini dialami oleh perempuan pada saat usianya memasuki umur 45 tahun. Mengenal tentang menopause, masing-masing perempuan memiliki pengalaman berbeda-beda antara satu dan lainnya. Enggak sedikit yang enggak merasakan apa-apa sebelum menopause ini, tapi enggak sedikit juga yang mengalami momen kurang menyenangkan pada awal menopause terjadi.

Nah, ada beberapa tanda atau gejala yang menunjukkan awal menopause terjadi. Apa saja gejalanya? Simak terus 7 gejala menopause yang sudah Woop rangkum!

Gejala Menopause

1. Siklus Menstruasi Berubah

Gejala Menopause - Siklus Menstruasi Berubah
Gejala Menopause - Siklus Menstruasi Berubah

Jumlah darah yang keluar saat menstruasi mungkin akan lebih banyak, lebih sedikit ataupun hanya flek. Durasinya pun berbeda, bisa jadi lebih singkat. Jika kamu mengalami flek setelah enggak mengalami menstruasi selama 12 bulan berturut-turut, kamu mungkin harus berkonsultasi pada dokter.

2. Vagina Menjadi Kering

Gejala Menopause - Vagina Menjadi Kering
Gejala Menopause - Vagina Menjadi Kering

Vagina menjadi kering karena berkurangnya produksi estrogen dan progesterin dapat mempengarugi kelembapan lapisan tipis yang melapisi dinding vagina. Gejalanya dapat berupa rasa panas atau gatal dibagian mulut vagina, hal ini juga bisa menimbulkan rasa sakit saat berhubungan intim.

3. Penurunan Gairah Seksual

Gejala Menopause - Penurunan Gairah Seksual
Gejala Menopause - Penurunan Gairah Seksual

Hal ini juga karena penurunan kadar estrogen yang bisa memperlambat reaksi orgasme dan memperlambat reaksi klitoris. Kamu bisa berkonsultasi pada dokter jika penurunan gairah kamu disebabkan oleh masalah ini.

Baca juga: Sudah Injak Usia 35 Tahun? Pahami Gejala Perimenopause Ini!

4. Insomnia

Gejala Menopause - Insomnia
Gejala Menopause - Insomnia

Bila memasuki masa menopause, kamu dapat mengalami masalah untuk tidur atau mempertahankan tidur kamu. Kamu mungkin bangun lebih pagi dari biasanya dan malamnya memiliki kesulitan untuk tidur lagi. Untuk mendapatkan istirahat yang cukup, Woop sarankan cobalah berbagai teknik pernapasan dan relaksasi.

5. Terlihat Perbedaan Kulit dan Rambut

Gejala Menopause - Terlihat Perbedaan Kulit dan Rambut
Gejala Menopause - Terlihat Perbedaan Kulit dan Rambut

Hal ini karena penurunan jaringan lemak yang dapat membuat kulit kamu lebih kering dan tipis. Berkurangnya estrogen juga dapat membuat rambut kamu lebih rapuh dan kering, jadi hindari produk perawatan yang mengandung bahan kimia yang terlalu kuat ya.

6. Gampang Berubah Mood (Moody)

Gejala Menopause - Gampang Berubah Mood (Moody)
Gejala Menopause - Gampang Berubah Mood (Moody)

Biasanya pada awal menopause, beberapa perempuan mengalami gangguan seperti cepat marah, depresi dan suasana hati yang berubah-ubah alias moody. Kamu harus tahu bahwa perubahan hormone dapat mempengarugi otak kamu.

7. Hot Flashes

Gejala Menopause - Hot Flashes
Gejala Menopause - Hot Flashes

Hot flashes maksudnya kondisi dimana kamu mengalami sensasi panas di bagian atas tubuh ataupun seluruh badan. Mungkin wajah dan leher kamu bisa menjadi merah dan mudah berkeringat, kondisi ini biasa berlangsung antara 30 detik hingga 10 menit. Sebagian besar perempuan mengalami kondisi ini selama satu hingga dua tahun saat menopause dimulai.

Berikut adalah beberapa gejala menopause yang harus kamu ketahui. Gejala ini pada wanita enggak perlu dipandang sebagai suatu hal yang buruk. Selalu perhatikan kondisi fisik agar terus sehat dan bugar dengan pola hidup positif ya, Woop Ladies!

Selanjutnya:

Sudah Injak Usia 35 Tahun? Pahami Gejala Perimenopause Ini!

Kita Semua Ingin Tahu: Bisakah Menopause Ditunda?

Loading Facebook Comment ...