Hal Buruk yang Terjadi Jika Lupa Hapus Make up Sebelum Tidur

Hal Buruk yang Terjadi Jika Lupa Hapus Make up Sebelum Tidur
ISTOCK

Apakah kamu pernah lupa menghapus make up sebelum tidur? Hati-hati mengalami hal ini.

Woop hanya ingin menyarankan jangan pernah lagi melakukannya! Karena ini akan berdampak buruk bagi kulitmu. Banyak orang bilang, “Jangan pernah tidur saat kamu masih menggunakan make up!” Yep, ternyata nasihat itu benar sekali. Sebagai perempuan yang super sibuk yang bekerja terkadang sampai larut malam, sesampainya di rumah kita ingin sekali langsung pergi tidur. Namun hal itu tidak bisa langsung dilakukan lantaran kita harus membersihkan badan dari polusi dan juga sisa make up yang menempel di wajah. Wajib hukumnya! 

Sayangnya, manusia tidak pernah luput dari kesalahan. Terkadang saking lelahnya, kita memilih untuk langsung tidur dan malah lupa menghapus, serta membersihkan wajah setelah beraktivitas. Jika hal itu terjadi, apa yang akan terjadi pada kulit wajah? 

“Pemakaian make up saat tidur sangat tidak direkomendasikan,” kata seorang dokter specialis kulit dan kelamin, dr. Astrid L. Harianto, M. Kes, Sp.KK., dari RS St. Anna, Kendari, Sulawesi Tenggara.

dr. Astrid kembali melanjutkan, “Karena yang akan terjadi adalah sisa make up yang menempel bisa menutup pori-pori wajah kita sehingga pembentukan komedo akan lebih mudah terjadi. Hal ini akan berujung terjadinya pembentukan acne atau jerawat.”

img

Pantas saja, para perempuan (mungkin, termasuk ibumu) sangat cerewet dan hati-hati untuk urusan penampilan, khususnya pada bagian wajah. Secantik-cantiknya mereka tampil dengan make up, tetap saja harus dihapus ketika tidur. 

“Iya, maka sebab itu sangat dianjurkan sebelum tidur untuk melakukan pembersihan wajah dari sisa make up yang masih menempel," ujarnya dengan tegas. 

Lantas, bagimana cara yang benar dalam menghapus sisa make up yang masih menempel pada wajah? 

"Kamu bisa memulainya dari mengaplikasikan susu pembersih atau milk cleansing dan dilanjutkan dengan cairan facialcleanser. Kemudian dilanjutkan dengan menggunakan toner ataupun penyegar wajah,” saran Astrid. 

"Satu hal yang harus dipastikan yaitu pemberian asupan krim untuk memberikan efek lembap serta cerah ataupun glowing pada malam hari. Karena pada malam hari, selain tubuh kita yang beristirahat, sel kulit wajah juga ikut beristirahat untuk menyerap nutrisi. Jadi keesokkan harinya saat bangun dari tidur, wajah terlihat cerah dan segar di pagi hari," tambahnya.