Lakukan 5 Perawatan Tangan Ini dari Sekarang

Lakukan 5 Perawatan Tangan Ini dari Sekarang
ISTOCK

Karena kita semua sering mencuci piring.

Jari-jari tangan sangat berguna dalam menyelesaikan pekerjaan. Heavens, bisa jadi kamu sedang menggunakannya sekarang saat membaca artikel ini! Namun, kita sering lupa atas jasa dan kehebatannya. Jadi, lain waktu kamu sedang melakukan perawatan untuk wajahmu, jangan lupakan tangan—karena mereka yang membantumu memiliki wajah yang bersih dan sehat. 

1. Gunakan Pelembab

Berapa kali dalam sehari kamu keluar-masuk toilet, lalu mencuci tangan? Jika kamu sering lupa mencucinya, mungkin ini tidak terlaku. Namun, akibat terlalu sering kena air, dikeringkan, kena air lagi, tangan kita menjadi kurang lembab dibandingkan bagian tubuh lain. Jika ada dana lebih, coba beli krim tangan dan gunakan sesering mungkin agar tangan tetap enak dilihat. Para ahli kulit merekomendasikan untuk menggunakan perawatan yang mengandung bahan-bahan seperti shea butter, minyak zaitun, vitamin E, dan minyak kacang macadamia.

2. Gunakan Sarung Tangan

Untuk kamu yang hobi mencuci piring, air dan cairan pembersih yang langsung bersentuhan dengan tangan bisa menyebabkan kulit menjadi kering, bahkan pecah-pecah. Selain itu, parfum (hello, wangi lemon) dalam sabun pencuci piring juga bisa mengiritasi kulit dan memperparah kondisinya, seperti eksim. Oleh karena itu, jagalah kelembaban kulit dengan menggunakan sarung tangan setiap akan mencuci piring.

3. Gunakan Cat Kuku

Cat kuku bisa membantu mempercantik tangan (mereka perlu sesekali merasa cantik) dan mengalihkan perhatian dari bintik-bintik penuaan atau urat nadi yang bergelembung. Pilihlah warna cat kuku yang bisa menyamarkannya, seperti warna-warna terang, agar kulit tangan tidak terlihat pucat. Ingat: pemakaian cat kuku sebaiknya diselingi dengan bebas cat kuku, agar kuku tangan berkesempatan untuk bernafas. 

4. Gunakan Tabir Surya

Paparan sinar matahari yang terlalu banyak dan sering akan meninggalkan jejak-jejak berupa bintik-bintik hitam di tangan. Sebelum terlambat, cegah dengan mengoleskan krim tabir surya setiap hari. Kalau sudah terjadi, cobalah berkonsultasi dengan dokter kulit untuk mencari solusi terbaik. 

5. Eksfoliasi