Panduan Lengkap, Apa yang Perlu Ibu Ketahui Mengenai ASI

Panduan Lengkap, Apa yang Perlu Ibu Ketahui Mengenai ASI
Apa yang Perlu Ibu Ketahui Mengenai ASI

Memberikan ASI kepada bayi adalah hal yang penting. Inilah pandungan lengkap mengenai ASI untuk bayi kecilmu

Sebagai seorang ibu, tentunya penting memberikan ASI (Air Susu Ibu) kepada bayi. Bahkan pemerintah telah menggalakkan berbagai program edukasi untuk memperkenalkan program ASI eksklusif, yaitu pemberian hanya ASI saja selema 6 bulan pertama kehidupan bayi tanpa makanan tambahan lainnya. Tentunya ini karena pentingnya peranan ASI untuk bayi.

Namun, sayangnya beberapa ibu menyusui pernah merasa ASI-nya hanya sedikit yang keluar. Tentunya ini menjadi momok bagi para ibu menyusui. Beberapa ibu menyusui takut jika ASI-nya tidak cukup untuk menyusui selama 6 bulan.

Kali ini Woop akan membahas pentingnya ASI untuk bayi dan bagaimana agar ibu menyusui memiliki asupan ASI yang cukup untuk anaknya. Yuk, langsung disimak.

Kandungan Terbaik ASI Untuk Bayi

Memberikan ASI eksklusif untuk bayi tentunya sangat penting, sebab manfaat pemberian ASI akan terus dirasakan bayi sampai besar nanti. Ini dikarenakan kandungan ASI yang menakjubkan, seperti:

1. Air

ASI sendiri mengandung air sebesar 87,5%, maka dari itu selama periode ASI eksklusif bayi tidak perlu diberikan minuman dan makanan.

2. Kolostrum

Kolostrum adalah carian ASI yang berwarna berwarna kekuningan dan biasanya keluar pada 1-5 hari pasca melahirkan. Kolostrum kaya akan nutrisi, di antaranya protein, vitamin A, nitrogen, garam, sel darah putih, dan beberapa antibodi tertentu.

Maka dari itu, walau hanya beberapa tetes saja, kandungan ASI pertama sering disebut sebagai imunisasi pertama bagi bayi. Kolostrum pun memiliki kadar gula dan lemak yang lebih rendah dibanding ASI yang dihasilkan kemudian.

3. Karbohidrat

Karbohidrat yang terkandung dalam ASI adalah berupa laktosa. Laktosa sendiri berfungsi sebagai energi untuk otak dan mengurangi bakteri buruk pada perut. Nutrisi ini juga membantu penyerapan magnesium, fosfor, dan kalsium.

4. Protein

Protein pada ASI umumnya terdiri dari 60 persen protein whey dan 40 persen kasein yang memiliki efek perlindungan terhadap infeksi. Keduanya mempunyai kadar yang lebih tinggi daripada susu formula dan tentunya kadar di dalam ASI sangat seimbang agar dapat mudah terserap tubuh.

Dalam ASI juga mengandung asam amino taurin yang berperan untuk perkembangan otak bayi. Selain itu, terdapat kandungan nukleotida yang berfungsi untuk perkembangan usus.

5. Lemak

Lemak adalah bahan yang penting untuk mendukung proses penyerapan vitamin tertentu dan sumber utama kalori. ASI juga kaya akan lemak omega 3 dan omega 6, selain itu terdapat kandungan DHA dan ARA yang penting untuk otak.

6. Vitamin

Tentunya ASI memiliki kandungan yang kaya akan vitamin, yaitu vitamin A, D, E, K, C, niasin, dan riboflavin yang penting untuk kesehatan bayi.

7. Karnitin

Karnitin yang terkandung dalam ASI memiliki peran membantu proses pembentukan energi yang diperlukan untuk memertahankan metabolisme tubuh.

8. Mineral

Ada bebapa mineral yang terkandung di dalam ASI, seperti zat besi, zinc, kalsium, natrium, magnesium, selenium, dan klorida. Mineral ini mempunyai peran penting untuk menunjang tumbuh kembang bayi, memperkuat tulang, otot, dan syaraf.

Itulah beberapa kandungan penting yang terdapat pada ASI, dan tentunya sangat berguna untuk tumbuh kembang bayi.

Lalu bagaimana agar proses menyusui dari ibu bisa berjalan lancar?

Cara Menjaga Asupan Nutrisi Bagi Ibu Agar Proses Menyusui Lancar

Bukan hanya bayi yang membutuhkan asupan nutrisi dan zat gizi yang cukup untuk tumbuh kembangnya. Sang ibu juga perlu menjaga asupan nutrisi agar proses menyusui tetap lancar. Salah satunya adalah dengan mengkonsumsi daun katuk.

Mengapa daun katuk?

Daun katuk atau Sauropus androgynus (L.) Merr merupakan tanaman yang tumbuh di berbagai negara di Asia. Salah satu manfaat daun katuk yang terkenal adalah untuk memperlancar ASI dan disarankan dikonsumsi untuk ibu menyusui.

Beberapa mengkonsumsinya dengan cara dimasak terlebih dahulu atau dimakan langsung sebagai lalapan. Ada juga mengkonsumsinya dengan cara dibuat menjadi jamu atau merebusnya dan meminum air hasil rebusannya.

Kabar tentang daun katuk dapat memperlancar ASI bukanlah hanya isapan jempol belaka. Karena beberapa penelitian menunjukkan hasil yang serupa, salah satunya penelitian yang diterbitkan oleh Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Kesehatan RI tahun 2004.

Penelitian tersebut menunjukkan bahwa pemberian ekstrak daun katuk pada ibu menyusui dengan dosis 3 x 200 mg per hari selama 15 hari setelah melahirkan dapat meningkatkan produksi ASI dibandingkan yang tidak mengkonsumsinya.

Penelitian ini sendiri melibatkan 96 ibu menyusui yang dibagi menjadi dua kelompok, yaitu yang diberikan ekstrak daun katuk dengan yang tidak. Hasilnya, kelompok yang diberikan ekstrak daun katuk dapat memproduksi ASI 50,7 persen lebih banyak dibandingkan yang tidak mengkonsumsi.

Alasan mengapa daun katuk dapat memperlancar produksi ASI adalah karena mengandung steroid dan polifenol yang dapat meningkatkan kadar prolaktin, hormon pelancar ASI. Daun katuk juga menyimpan banyak nutrisi penting seperti vitamin A, B, C, kalsium, fosfor, zat besi, protein, karbohidrat.

Namun, bagaimana untuk ibu yang tidak menyukai sayuran?

Solusi Ibu Menyusui yang Tidak Menyukai Sayuran

Para ibu menyusui yang tidak menyukai sayuran, salah satu solusi untuk meningkatkan produksi ASI-nya adalah dengan mengkonsumsi suplemen, salah satunya adalah produk Sido Muncul Suprasi.

Sido Muncul Suprasi
Sido Muncul Suprasi

Suplemen ini diproduksi di pabrik berstandar GMP (Good Manufacturing Practice) dan dianalisis pada laboraturium yang telah terakreditasi. Sido Muncul Suprasi dibuat dengan bahan alami terstandarisasi dan telah bersertifikat halal MUI. Tiap kapsulnya mengandung ekstrak daun katuk 300 mg dan diperkaya vitamin B12 yang berfungsi untuk membantu pembentukan sel darah merah sehingga ibu menyusui tetap sehat dan bugar.

Tentunya, Sido Muncul Suprasi sangat praktis, karena ibu tidak perlu lagi merebus atau memasak daun katuk karena kandungan suplemen ini sudah mencukupi kebutuhan bagi para ibu menyusui. Kamu bisa membeli produknya di website Sido Muncul Store berikut ini.

Loading Facebook Comment ...