Tanpa Disadari Kita Sering Melakukan 8 Kesalahan Saat Menggunakan Pengering Rambut

Tanpa Disadari Kita Sering Melakukan 8 Kesalahan Saat Menggunakan Pengering Rambut
ISTOCK

BERSALAH.

Coba tunjuk tangan, siapa yang menggunakan hair dryer untuk mengeringkan rambut Ah, alat tidak bernyawa memang sangat berguna, membuat rambut yang awalnya tidak jelas bentuk dan ukurannya, menjadi lebih rapi dan lebih manusiawi (baca: tidak lepek). Namun, apakah kamu sudah benar menggunakannya? Tanpa disadari, terkadang kita melakukan kesalahan sehingga hasilnya tidak maksimal. Berikut beberapa di antaranya:

1. Salah Memegang Sisir

Biasanya yang sering kita lihat: tangan kanan memegang hair dryer, dan tangan kiri sisir. Iya 'kan? Ternyata oh ternyata, hal yang sering kita lakukan itu SALAH! Tanpa disadari, memegang hair dryer di tangan kanan malah akan membuat proses pengeringan dan pengaturan lebih lama dan membutuhkan tenaga yang lebih banyak.

2. Rambut Basah

Yah memang, hair dryer digunakan untuk mengerikan rambut yang basah. Namun, bukan berarti basah total, kandungan air berember-ember seperti kehujanan. Idealnya adalah, rambut harus dikeringkan terlebih dahulu (sekitar 60%) sebelum menggunakan hair dryer. Alasannya, karena semakin lama rambut terpapar panas, semakin banyak kerusakan yang akan terjadi.

3. Suhu yang Terlalu Panas

Akui saja: yang paling sering kita lakukan adalah menggunakannya dengan suhu yang paling tinggi. Asumsinya: agar cepat kering. Permasalahannya, hair dryer dengan suhu yang terlalu tinggi adalah sumber masalah. Ibaratnya, kamu dengan aktif sedang "menggoreng" setiap helai rambut, sehingga memicu ujung-ujung rambut membuka cabang.

4. Melewatkan Produk Perawatan Rambut

Maksudnya topi? Eits, bukan! Ini adalah produk perawatan rambut yang bisa melindungi rambut dari panasnya hair dryer (dan matahari), misalnya serum, spray atau minyak esensial yang mengandung bahan-bahan protektor. Bahkan, kamu yang memiliki rambut sehat dan cenderung tidak rusak pun, harus tetap mengaplikasinnya sebelum diembus oleh hair dryer.

5. Menggunakan Sisir yang Salah