6 Tipe Bos yang akan Kamu Temui di Tempat Kerja

6 Tipe Bos yang akan Kamu Temui di Tempat Kerja
ISTIMEWA

Dan bagaimana menghadapi mereka.

Sama seperti teman kerja, bos yang akan kita temui di dunia profesional pun pasti berbeda-beda. Ada yang "aneh super ajaib", ada yang "normal", ada yang "seperti berasal dari dunia lain." Berikut enam tipe atasan yan sepertinya akan kamu temui sepanjang karir dan bagaimana menghadapi mereka. 

PENGARAH

Ketika berada di kantor, anggap saja kamu sedang syuting film. Pasalnya, pekerjaanmu sedang diarahkan oleh seorang "sutradara". Bos dengan tipe kepemimpinan seperti ini biasanya mengharapkan karyawan melakukan apa-apa sesuai dengan arahan. Jika kamu melapor kepada bos tipe ini, pastikan untuk tidak hanya mengikuti instruksinya tapi juga memberitahukan bahwa semua instruksinya terlaksana. Katakan kepadanya apa yang telah kamu lakukan, dan bagaimana kamu melakukannya. Begitu si bos percaya bahwa semua kebijakannya dilakukan sesuai arahan, selanjutnya kamu bisa mengutarakan ide-ide kepadanya. 

TERLALU SERIUS

Atasan yang memiliki sifat ini biasanya serius membangun perusahaannya. Timnya pun selalu dimotivasi untuk memberikan yang terbaik agar target perusahaan tercapai. Namun, biasanya mereka jarang memberikan bimbingan kepada karyawan tentang bagaimana mencapainya. Bos seperti selalu ingin mendengar hal-hal spesifik tentang apa yang kamu dan tim sudah lakukan. 

THE PEOPLE PERSON

Jika bosmu di kantor sangat peduli tentang kebahagiaan dan kesejahteraan karyawannya, berarti dia masuk dalam tipe ini. Biasanya, mereka selalu berusaha untuk menciptakan hubungan harmonis dan positif di lingkungan kantor. Sayangnya, pemimpin seperti ini seringkali kesulitan saat menangani sebuah konflik secara sehat atau memberikan kritik yang membangun. Jika ingin berhasil di bawah kepemimpinannya, maka harus berani berterus terang tentang apa yang kamu rasakan. 

THE TEAM PLAYER

Atasan tipe ini sangat suka dengan metode team work. Mendengarkan masukan dari karyawan tentang apapun yang sedang dikerjakan membuatnya bersemangat. Untuk yang memiliki tipe bos seperti, jangan menghindar. Berikan pendapat dan saran kamu, karena mereka akan mendengarkannya dengan seksama. Terlebih jika gagasan/idemu akan menguntungkan tim secara keseluruhan. 

BEKERJA SENDIRI