Alasan Kenapa Harus Ambil Cuti Lebaran Walau Tidak Mudik

Alasan Kenapa Harus Ambil Cuti Lebaran Walau Tidak Mudik
istock

Jangan 'sayang' menggunakan jatah cuti karena ternyata banyak manfaatnya lho. Ini alasan kenapa harus ambil cuti Lebaran walau tidak mudik. 

Jangan membiarkan dirimu sepanjang tahun hanya bekerja demi kantor. Segara ambil cutimu dan perhatikan manfaat yang akan kamu dapat saat mengambil cuti seperti yang sudah dilansir dari laman entrepreneur.com.

1. Kesehatan otak

img

Saat kamu memilih untuk cuti dan berlibur, hal ini dapat merangsang otak agar berpikir fleksibel dan imajinatif. Ide-ide baru akan bermunculan jika tubuh dan pikiranmu mendapat asupan segar. Tidak melulu berada di kantor dan memikirkan pekerjaan.

2. Mendapat wawasan baru

img

Saat kamu berlibur keluar kota misalnya, kamu bisa mengeksplorasi tempat yang belum pernah didatangi. Mengenal budaya, kuliner, dan orang baru akan membuatmu mendapat banyak wawasan. Secara tidak langsung kepribadianmu juga dilatih, karena harus berinteraksi dan menerima perbedaan yang ada.

3. Bebaskan diri

img

Saat di kantor, kamu dituntut untuk menuruti hampir semua perintah atasan. Saat kamu memiliki pendapat yang berbeda, kamu akan dibuat mengikuti apa yang atasanmu inginkan. Namun jika kamu mengambil cuti, maka pastikan memiliki kebebasan atas dirimu, tidak ada yang mengawasi, tidak perlu membuat laporan, tidak ada penilaian perfoma, hanya kamu yang berhak atas dirimu. Hal ini sangat penting, kamu akan lebih menghargai hasil kerja tim maupun orang lain.

4. Mengurangi stres

img

Sebuah studi dalam Journal of Applied Psychology menyampaikan, keluhan kesehatan dan kekelahan akan menurun secara signifikan kalau kamu cuti dan liburan. Apapun kegitanmu saat cuti, jika bisa membuat kamu rileks dan semangatmu membaik maka lakukanlah.

Selanjutnya: Intip yuk apa saja hadiah antimainstream untuk pasanganmu.