Apakah Kamu Berada di Jalur Karir yang Tepat?

Apakah Kamu Berada di Jalur Karir yang Tepat?
ISTOCK

Jika merasa ragu atau stagnan: tanyakan ini sekarang. karena sesuatu yang dipaksakan atau ngga cocok tidak baik.

Merasa tidak puas dengan situasi kerja atau pekerjaanmu? Pertanyaan-pertanyaan ini wajib kamu tanyakan pada dirimu sendiri.

  • Apakah kamu merasa semangat di tempat kerja?

daihatsu banner

Jika terus-menerus merasa lelah dan bosan ketika berada di kantor - tetapi tidak demikian halnya ketika sedang menikmati waktu happy hour dengan teman-teman, mungkin pekerjaanmu saat ini tidak memberikan gairah atau motivasi. Seandainya tidak suka bangun di pagi hari dan merasakan ketegangan dan kelelahan setelah tiba di kantor, ini adalah gejala-gejala fisik yang ditunjukkan tubuh untuk memperjelas ketidaktertarikanmu terhadap situasi pekerjaan. Pastinya setiap jam pada hari Senin sampai Jumat tidak akan selalu menjadi hari menyenangkan, tetapi jika tidak pernah merasa gembira dalam meeting mingguan padahal rekan kerja berbicara tentang sesuatu yang menarik atau merasakan suntikan motivasi ketika bos memberikan sebuah proyek baru yang menantang, you’ve lost your mojo.

  • Apakah kamu memiliki kesempatan untuk berkembang?

Jika tidak yakin apakah pekerjaan atau perusahaan saat ini adalah tempat yang tepat, kemungkinan besar, kamu mengalami kebosanan atau ketidakpuasan. Sarannya adalah lakukan apapun untuk tumbuh berkembang dalam posisi saat ini – kamu mungkin akan jauh lebih bahagia setelah melakukannya. Kamu bisa memulai bersikap proaktif, mengeksplorasi dan belajar untuk terlibat dalam proyek-proyek baru. Jika perusahaan atau manajer tidak memungkinkan atau memfasilitasi semua ini, maka merupakan sebuah sinyal jelas untuk mulai mencari sesuatu yang baru. Dan ketika berhenti, kamu bisa dengan lega mengetahui bahwa telah melakukan segala sesuatu yang bisa untuk mengubah situasi kerja.

  • Apakah pekerjaan tersebut refleksi nilai-nilai yang kamu anut?

Luangkan waktu untuk merenungkan apa yang paling penting bagi dalam hidup. Buat daftar prioritas untuk memberikan pedoman penting tentang apa yang kamu butuhkan dalam pekerjaan. Apakah traveling tujuan hidup terbesarmu? Berarti kamu memerlukan pekerjaan yang melibatkan perjalanan bisnis, yang memberikan gaji cukup baik sehingga dapat membiayai perjalananmu sendiri, atau memiliki fleksibilitas agar bisa mengambil cuti liburan atau bekerja jarak jauh. Apakah yang paling penting adalah insting kreatifmu terpenuhi? Ini artinya gaji mungkin tidak menjadi faktor besar, dan kamu lebih memilih lingkungan yang inovatif untuk bekerja. Jika kamu bekerja lebih lama dari yang diinginkan, pekerjaanmu tidak menantang seperti yang diharapkan, atau merasa bahwa misi perusahaan bertentangan dengan hal-hal yang nilai-nilai sosial atau politik yang kamu anut, mungkin satu-satunya pilihan adalah mencari pekerjaan lain.

  • Apa kata hatimu?

Intuisi memiliki kekuatan untuk memberikan informasi tentang apakah kamu berada di jalan hidup yang benar atau agak melenceng. Ini membuatnya menjadi salah satu alat yang paling penting dalam memutuskan karir. Jika suara hati memberitahu pekerjaan saat ini tidak baik untukmu, jangan diabaikan. Penelitian telah menunjukkan bahwa ketika suara hati memberitahu kamu berada di tempat yang salah, kemungkinan besar begitulah adanya, dan mungkin akan lebih bahagia pindah ke tempat lain. Pada akhirnya, jika perasaan mengatakan bahwa sesuatu yang kamu lakukan adalah tidak benar, dengarkan, andstart applying for another job.

Seperti penjelasan diatas, menurut (Ginta Kamka, CEO Woop.id) "apapun yang kalian lakukan dan kerjaan harus membuat kalian nyaman ngejalaninnya, tanpa ada beban apapun sesuai keinginan hati kalian."

Shop From Our Partner Cathaofficial.com