5 Ciri-ciri Pertemananmu 'Beracun'

5 Ciri-ciri Pertemananmu 'Beracun'
iStock

Saat kamu berteman dengan seseorang yang sering berbohong, egois, dan keras kepala, sebetulnya itu bisa mempengaruhi kehidupanmu

Bagaimana karakteristik temanmu? Memang tidak mudah mengenali dan menghapal semua sifat temanmu karena semua terlihat sama. Namun apakah kamu pernah merasakan bahwa pertemananmu sebenarnya tidak sehat? ?

Belum ada kata terlambat untuk menjauhi teman 'beracun'. Maka dari itu kamu harus mengenali ciri-cirinya: 

Kenali Ciri Pertemanan Beracun

1. Hanya Menerima Tanpa Membalas

Orangtua mengajarkan anak untuk tidak pamrih kepada seseorang. Namun bagaimana jika orang tersebut tidak pernah mau membantu saat kamu sedang kesulitan? Sudah dapat dipastikan, mereka adalah racun dihidupmu. Sikap tidak mau membalas bantuan bukan hanya dalam hal tindakan saja, tapi bisa saat kamu sedang berbicara. Jadi, penting diingat bahwa pertemanan yang baik itu adalah bisa saling memberi, menghormati dan menghargai satu sama lain. 

img

2. Tidak Bisa Dipercaya

Semua hubungan dibangun atas dasar kepercayaan dan kejujuran, termasuk dalam pertemanan. Tidak akan mungkin terjadi pertemanan yang sehat apabila kamu tidak percaya dengannya. Cari teman lain saja ya...

3. Membuatmu Tidak Percaya Diri

Teman yang beracun akan menyebarkan racunnya pada lingkungan sekitar. Ini akan membuat kamu merasa buruk. Jaga jarak dengan teman yang hanya bisa membuatmu tidak percaya diri dan sering 'menjatuhkan'-mu. Ketika dia mengkritik, coba telaah apakah hanya 'hinaan' saja atau kritik membangun? Teman yang baik akan memberikan dukungan penuh secara positif bukannya membuatmu semakin terpuruk. 

img

4. Ada Persaingan 

Tidak ada salahnya bersaing, namun persaingan yang sehat lebih dibutuhkan. Jika kamu merasa persainganmu dengannya sudah tidak sehat, cobalah untuk jaga jarak ya. Ini karena akan berdampak pada kehidupan sosialmu. 

5. Tidak Bisa dimintai Pendapat

Saat kamu bimbang, kamu pasti mencari seseorang untuk bisa membantumu. Biasanya, pendapat seseorang bisa menjadi tolak ukur. Tapi teman yang beracun tidak akan pernah mau memberikan saran kepadamu. Mereka hanya mau bersenang-senang denganmu tidak ketika kamu dalam kesulitan. Jauhi deh teman seperti ini.

Selanjutnya: Ternyata tidak semua perempuan yang ceria itu bahagia. Serius? Kenali ciri-cirinya di sini ya.

Shop From Our Partner Cathaofficial.com