Pujian Terbaik yang Bisa Kamu Berikan Kepada Orang Lain

5 Contoh Kalimat Pujian Terbaik dan Artinya
ISTOCK

Ini hal yang bisa kamu lakukan hari ini: berikan pujian kepada teman, pasangan, anggota keluarga, kolega—siapa pun yang kamu temui hari ini.

Ini hal yang bisa kamu lakukan hari ini: memberikan pujian kepada teman, pasangan, anggota keluarga, kolega—siapa pun yang kamu temui hari ini. "Pujian dapat menguatkan ikatan positif, dan biasanya membuat perasaan penerima dan pemberi semakin lebih baik," tulis Alice Boyes, Ph.D. penulis buku "The Anxiety Toolkit" dan "The Healthy Mind Toolkit". 

Akan tetapi, tidak semua kalimat pujian sama—ada contoh kalimat pujian yang lebay dan terlalu sering, yang ambigu (apa sih, maksudnya), sinis, tidak sopan, dan yang tepat. Untuk kalimat pujian yang terakhir ini, Susan Krauss Whitbourne, Ph.D., ABPP, seorang profesor psikologi dari University of Massachusetts Amherst menggambarkan: "komplimen yang tepat adalah yang tulus, penuh respek, dan dosisnya tepat, dan tidak memberikan kesan si pemberi mendapatkan untung." Dan sialnya urusan memberikan pujian ini agak rumit: tidak semua orang paham bagaimana memberikan komplimen yang menyenangkan, dan terkadang juga bingung apakah itu pujian yang baik. Cara termudah kata Whitbourne adalah, "melihat wajah dan respons di wajah sang penerima pujian." Jadi, seperti apa contoh kalimat pujian yang baik, jarang gagal membuat orang tersenyum, ini beberapa di antaranya:

Ilustrasi memberikan kalimat pujian
Ilustrasi memberikan kalimat pujian

Contoh Kalimat Pujian Terbaik

1. "Idemu untuk proyek itu luar biasa."

Ilustrasi kalimat pujian dari atasan
Ilustrasi kalimat pujian dari atasan

Agak sulit untuk menahan senyum dan rasa senang ketika hasil pekerjaan kita dipuji. Dan untuk para bos, asal tahu produktivitas meroket ketika para karyawan bahagia. Hal ini didukung oleh sains. 

2. "Kamu teman yang luar biasa." 

Ilustrasi kalimat pujian ke teman
Ilustrasi kalimat pujian ke teman

Ini contoh kalimat pujian untuk teman. Kita memang memiliki banyak teman, tapi bukan berarti sudah menjadi teman yang baik. Oopsss. Nah, dengan mengatakan kepada seseorang bahwa mereka adalah teman yang baik, secara tidak langsung kamu mengatakan bahwa peran mereka sangat penting dalam hidupmu. Temanmu pasti senang mendengar ini. 

Baca: 3 Kalimat Manis yang Selalu Disukai Pria

3. "Kamu adalah ibu yang hebat."

Ilustrasi kalimat pujian keluarga
Ilustrasi kalimat pujian keluarga

Berikutnya contoh kalimat pujian untuk keluarga, bisa untuk ibu atau bapak, kakak, adik, saudara, sepupu. Terkadang dengan segala hal yang terjadi di dalam hidup dan sering kali merasa tidak cukup baik, setiap anggota keluarga butuh mendengar afirmasi ini bahwa mereka sudah memberikan yang terbaik. 

4. "Senyummu sangat menular."

Ilustrasi kalimat pujian senyum
Ilustrasi kalimat pujian senyum

Selanjutnya contoh kalimat pujian pendek. Ini adalah salah satu saran dari buku, "Take a Compliment". Dan dijamin begitu mendengar ini, senyum lawan bicaramu akan semakin lebar, begitu pun denganmu. 

Baca: Sekali Terucapkan, 8 Kalimat Ini Tidak Akan Bisa Ditarik Lagi

5. "Kamu pendengar yang baik."

iStock
Ilustrasi kaliamt pujian pendengar yang baik

Di jaman yang serba diam sambil menunduk ini (karena melihat ponsel sepanjang waktu) dan semua berlomba untuk melakukan tiga hal yang sama dalam satu waktu, kemampuan ini cukup langka.

Jadi, ketika kamu memuji temanmu dengan kalimat pujian ini, itu adalah bentuk penghargaanmu terhadap kehadiran dan keterlibatan mereka 100% saat kalian berbincang. 

Melihat dan mencatat frekuensi dan intensitas curhat-mu selama beberapa bulan belakangan ini dan betapa rajin temanmu mendengarkan dengan seksama, sepertinya kalimat pujian ini layak diberikan. 

Selanjutnya: