Kantong 'Jebol' Saat Liburan? Beginilah Cara Memulihkannya

Kantong Jebol Saat Liburan? Beginilah Cara Memulihkannya
ISTOCK

Memulihkan keuangan usai liburan memang bisa dibilang susah-susah gampang. Karena kamu harus ekstra mengumpulkan pundi-pundi uang lagi. Maka dari itu, simak tips berikut untuk memulihkan keuanganmu kembali usai liburan.

Berapa lama kamu berlibur? Berapa banyak uang yang kamu keluarkan selama liburan? Belibur memang menjadi hal paling menyenangkan, di mana kita bisa menikmati hari ‘bebas’ tanpa beban. Namun berlibur juga membutuhkan uang yang tidak sedikit. Karena selama liburan pasti akan ada pengeluaran lebih di luar yang kamu rencanakan, misalnya untuk membeli oleh-oleh. Tanpa sadar, hal itu malah membuat keuanganmu jebol, setelah pulang dari berlibur. Duh!

Nah, karena liburan telah usai, kini saatnya untuk kembali mengatur keuanganmu. Berikut tipsnya:

Hitung Berapa Banyak Pengeluaran

img

Jangan pernah menyesali yang sudah terjadi. Apalagi uang yang sudah kamu keluarkan untuk liburan. Karena nasi sudah menjadi bubur, tidak ada gunanya untuk menyesalinya. Sekarang saatnya untuk menanggulangi semua hal yang sudah terjadi. Hal pertama yang bisa dilakukan adalah menghitung berapa banyak uang yang sudah dikeluarkan selama liburan. Jangan lupa untuk memeriksa tagihan kartu kredit, dan ingat apa saja yang sudah kamu beli. Setelah itu, susunlah ulang anggaran seperti biasanya. Intinya, kamu harus hidup hemat.

Berhenti Memakai Kartu Kredit (Sementara Waktu)

img

Terkadang, saat liburan kita menjadi orang yang sangat impulsif. Membeli barang-barang yang sebenarnya tidak diperlukan, dan membayar memakai kartu kredit, sehingga membuat kita menumpuk ‘utang’. Jika itu yang terjadi, cobalah untuk memprioritaskan membayar cicilan kartu kredit sampai lunas. Bayarlah tepat waktu. Selain itu, kamu harus mulai kembali menabung, sisihkan minimal 10% dari gajimu untuk ditabung.

Belajar dari Kesalahan

img