Sedang Melamar Kerja? Jangan Upload 4 Hal Ini ke Medsos

Sedang Melamar Kerja? Jangan Upload 4 Hal Ini ke Medsos
ISTOCK
Sedang Melamar Kerja? Jangan Upload 4 Hal Ini ke Medsos

Tidak semua hal harus kamu unggah ke dalam media sosial, termasuk saat sedang mencari pekerjaan baru! Ingat ya, empat hal ini dilarang.

Apakah kamu sedang melamar pekerjaan? Jika iya, Woop hanya ingin bilang: Good luck! Yep, mencari pekerjaan saat ini memang tidak terlalu mudah, kamu harus benar-benar bekerja keras agar mendapatkan yang diinginkan.

Di zaman canggih ini, semua orang mencari pekerjaan bukan lagi datang langsung ke suatu perusahaan tapi hanya melalui ponsel. Begitupun sebaliknya, banyak perusahaan yang merekrut karyawan baru hanya melalui media sosial. Hal ini juga dibuktikan dengan adanya sebuah penelitian yang dilakukan oleh Career Builder, lebih dari 70% perusahaan menyaring calon karyawannya lewat media sosial dan perusahaan-perusahaan ini tidak akan memilih kandidat yang kuat jika mereka melihat sesuatu yang tidak sesuai dengan visi dan misi perusahaan.

Untuk itu, ada baiknya jika kamu berpikir dua kali sebelum mengunggah apa pun di media sosial. Nah, berikut ada beberapa hal yang tidak boleh kamu unggah di media sosial saat kamu sedang melamar kerja: 

  • Kata-kata Kasar
Selalu Gagal Melamar Kerja? Mungkin Kamu Melakukan Kesalahan Ini - 3
SHUTTERSTOCK

Biasanya saat emosi, kita sering menjadikan media sosial sebagai tempat pelampiasan dengan mengunggah kata-kata kasar di dalamnya. Perlu diingat bahwa tidak semua orang menganggap kata-kata kasar adalah sesuatu yang keren dan bentuk luapan perasaan. Oleh sebab itu, ada baiknya jika kamu menahan diri untuk tidak mengunggah kata-kata kasar--walaupun kamu memang ingin meluapkannya. Woop menyarankan memilih cara terbaik seperti curhat kepada sahabat dibandingkan harus mengungkapkannya secara terbuka di media sosial. 

  • Memberikan Komentar Diskriminasi
Ini Dampak Buruk Jika Suka Main Gadget Saat Bekerja - 2
SHUTTERSTOCK

“Mulutmu, harimaumu...” Yep, ini kalimat yang tepat untuk menggambarkan kehidupan media sosial saat ini. Memberikan komentar yang menyudutkan dan terkesan mendiskriminasi seseorang di media sosial akan membuatmu terlihat ‘bodoh’ dan jahat. Jika kamu pernah melakukannya--padahal maksudnya adalah bercanda-- bisa jadi kamu tidak akan dipertimbangkan untuk diterima bekerja di perusahaan yang diinginkan. 

Baca: 5 Strategi Agar Sukses Diterima Setelah Melamar Kerja

  • Menggunakan Nama ‘Alay’
5 Mitos yang Harus Kamu Tahu Saat Mencari Kerja - 4
SHUTTERSTOCK

Semua orang pernah menjadi ‘alay’. Benar? Namun saat ini media sosial bukan lagi sesuatu hal yang dianggap hanya main-main saja. Media sosial sudah berkembang menjadi portofolio online yang bisa menunjukkan kepribadian, ketertarikan, dan hobimu. Jadi jangan pernah merusah citra dirimu hanya karena menggunakan nama ‘alay’ di media sosial. 

  • Berbohong Tentang Pengalaman Kerja
Kamu Introvert? Begini Cara Agar Mudah Akrab di Tempat Kerja - 0
Kamu Introvert? Begini Cara Agar Mudah Akrab di Tempat Kerja - 0

Berbohong itu memang tidak baik! Salah satunya adalah saat kamu menambahkan kemampuan dan pengalaman kerja di dalam resume-mu. Padahal kejujuran sangat diutamakan saat kamu melamar pekerjaan. Memiliki banyak pengalaman bekerja itu memang baik tapi jika semua itu hanya kebohongan, kamu pun tidak akan mendapatkan pekerjaan yang diinginkan. Untuk itu, tidak perlu berbohong mengenai kemampuan maupun pengalaman bekerjamu ya! Intinya, jadilah dirimu sendiri! 

Selanjutnya: Selamat kamu menjadi orangtua! Oleh karena itu, jangan lakukan lima kesalahan ini saat kamu menjadi orangtua baru.