Segala Hal Tentang Kanker Serviks yang Wajib Perempuan Tahu

Segala Hal Tentang Kanker Serviks yang Wajib Perempuan Tahu
ISTOCK

Dalam rangka memperingati Hari Kanker Sedunia, Woop bersama seorang ahli akan memberitahukan kamu segala hal tentang kanker mulut rahim (atau yang lebih dikenal dengan kanker serviks). 

Apa yang ada di pikiranmu ketika mendengar kata kanker? Penyakit berbahaya? Susah sembuh? Ya, kebanyakan orang memang berpikiran seperti itu. Saat ini kanker menjadi penyakit yang ditakuti oleh banyak orang, khususnya perempuan.

Menurut data WHOpada tahun 2012, 8,8 juta orang di dunia meninggal karena menderita kanker, termasuk didalamnya merupakan anak-anak. Ada banyak jenis kanker yang menghantui sebut saja kanker payudara, kanker usus, kanker mulut rahim atau serviks, kanker paru-paru, dan lain sebagainya.

Di Indonesia, kanker mulut rahim masih menjadi pembunuh nomor satu, setelah kanker payudara. Biasanya, kanker jenis ini banyak diderita oleh perempuan usia produktif dan tinggal di negara-negara berkembang. Sebagian dari kita yang tidak banyak mengetahui tentang kanker mulut rahim.

img

Apa sebab kanker serviks?

“Kanker serviks adalah kanker mulut rahim. Di mana penyebab dari kanker tersebut adalah HPV,” kata Dr. Shelly Franciska, Sp. OG, M.Kes., seorang Dokter spesialis kebidanan dan kandungan dari RSUD Rubini Menpawah, Kalimantan Barat.

Tunggu, apa itu HPV? Bagaimana HPV bisa disebut sebagai penyebab kanker mulut rahim?

“HVP adalah Human Papilloma Virus yang merupakan sebuah kuman. Biasanya kuman tersebut bisa ditelurkan melalui kontak seksual,” ujarnya.

Selain itu, penularan HPV akan semakin berisiko bila memiliki lebih dari satu partner seksual, hubungan seks pada usia dini, seseorang yang kekebalan tubuhnya lemah (misal pada pasien HIV/AIDS), serta penderita infeksi menular seksual, seperi gonore, klamidia, dan sifilis.

Duh! Ada lebih dari 200 jenis Human Papilloma Virus (HPV) yang bisa menyerang. Sementara itu, lebih dari 40 jenis HPV yang mudah menyebar melalui kontak seksual langsung. Melalui apa saja?