Efek Buruk yang Bisa Kamu Dapat Saat Kebanyakan Duduk

Efek Buruk yang Bisa Kamu Dapat Saat Kebanyakan Duduk
ISTOCK

Serius. Kamu harus baca artikel ini. Karena bisa membantumu menghindari penyakit-penyakit ini. Sebelum terlambat. 

Apakah kamu adalah orang yang gemar duduk berjam-jam? (Apalagi sambil makan martabak, tidak bisa diganggu gugat). Jika iya, rasanya kamu sudah harus merubah kebiasaan itu secepatnya. Ternyata, menghabiskan waktu dengan banyak duduk bisa mengancam kesehatanmu. Sebuah studi dari University of Californiamenemukan bahwa kebanyakan duduk dan kurang bergerak bisa mempengaruhi fungsi otak, khususnya memori. Waduh. Jadi, mungkin itu sebabnya banyak orang pelupa di luar sana. Namun, tidak hanya itu saja ada beberapa efek buruk yang juga bisa menghantui kesehatanmu akibat dari kebanyakan duduk. 

1. Nyeri Punggung dan Leher

Sering mengalami nyeri pada bagian punggung dan leher? Mungkin itu karena kamu terlalu banyak duduk, dibandingan bergerak. Tidak hanya itu saja, postur duduk yang salah juga akan memperparahnya.

2. Obesitas, Sakit Jantung dan Diabetes

Tiga penyakit ini bisa terjadi akibat dari kurangnya bergerak, karena kamu akan lebih sedikit membakar kalori yang ada pada tubuh, Sehingga, kemampuan hormon insulin untuk memindahkan glukosa dari darah ke dalam sel dapat menurun saat kamu memilih untuk duduk untuk waktu yang lama.

3. Osteoporosis

Saat kamu duduk di depan laptop berjam-jam di kantor, tubuh hanya menerima sedikit nutrisi. Ternyata hal ini dapat menyebabkan tulang rapuh dan osteoporosis yang lebih besar. Jika tidak ingin mengalaminya, kamu disarankan untuk melakukan latihan beban, berjalan dan berdiri, serta lebih sering bergerak.

4. Penggumpalan Darah

Yep. Aliran darah yang lambat di kaki akibat dari kurang gerak akan meningkatkan risiko penggumpalan darah. Khususnya, perempuan yang duduk lebih dari 40 jam per minggu memiliki lebih dari dua kali lipat risiko pembekuaan darah ke paru-paru.

5. Kanker