Semangat Kendor karena Puasa? 5 Hal ini Bantu Kamu Fokus Kerja

Semangat Kendor karena Puasa? 5 Hal ini Bantu Kamu Fokus Kerja
ISTOCK

Bekerja di bulan puasa terkadang membuat kamu kurang bersemangat. Benar? Biar kamu tetap semangat bekerja, Woop punya beberapa tips yang bisa kamu ikuti selama bulan Ramadhan ini.

Siapa yang sedang mengantuk dan tidak bersemangat untuk bekerja? Ah, sama! Bekerja di bulan puasa tentunya bukan hal yang mudah. Apalagi ditambah untuk menahan lapar dan haus seharian membuat daya konsentrasi dan fokus, serta kreatifitas menurun, ujung-ujungnya produktivitas pun akan berkurang. Eits, tapi jangan jadikan bulan puasa menjadi alasan kamu untuk bermalas-malasan. Jika kita tahu cara menyiasatinya, bekerja di bulan Ramadhan tentunya bukan menjadi hal yang sulit. Biar kondisi seperti ini tidak terjadi (lagi) dan kamu tetap semangat bekerja selama puasa, ikuti beberapa tips ini.

Tidur yang Cukup

img

Buat menghindari rasa kantuk yang berlebihan, jangan begadang. Karena waktu tidur kamu akan terpotong untuk sahur. Lebih baik kamu majukan jam tidur kamu agar tetap punya waktu tidur yang cukup. Kalau memang rasa ngantukmu tidak tertahankan, kamu bisa tidur dengan cara power nap selama 10 menit sehingga energi akan kembali lagi dan bisa semangat terus untuk bekerja. Namun ada satu cara lagi, gunakan waktu istirahat siangmu untuk tidur siang secukupnya. Hal tersebut bisa membantumu memulihkan tenaga dan kembali melanjutkan aktivitas di kantor. Menurut penelitian, tidur siang 10 sampai 20 menit dapat meningkatkan produktivitas, kewaspadaan, dan membantumu untuk lebih fokus.

Penuhi Kebutuhan Cairan

img

Sama pentingnya dengan asupan makanan, kebutuhan cairan untuk tubuh juga harus dipenuhi dengan baik selama puasa. Untuk itu, kamu disarankan untuk memperbanyak minum air putih selama puasa. Tentunya, asupan air ini bisa kamu penuhi saat berbuka hingga tiba waktu sahur guna menjaga tubuh tetap terhidrasi dengan baik. Dengan begitu, konsentrasi kamu akan terjaga dan produktivitas pun tidak akan menurun meski sedang menjalani puasa seharian penuh. Air putih mengandung mineral yang baik untuk tubuh karena bisa menjaga kadar oksigen di otak. Hindari makanan dan minuman yang terlalu manis karena bisa membuat kamu cepat merasa ngantuk. Imbangi juga asupan saat sahur dan berbuka dengan makanan bergizi.

Olahraga

img

Biasanya hal yang membuat kita tidak semangat bekerja adalah kondisi badan lemas dan cenderung pasif. Untuk membuat tubuh selalu semangat setiap saat, kamu harus membuatnya segar dengan melakukan olahraga secara rutin. Lakukan olahraga saat pagi selama 15 menit sehabis sahur atau setelah berbuka puasa. Intinya jangan sesekali lupakan olahraga meski hanya dilakukan dengan jalan kaki atau jogging ringan. Menurut Dawn Jackson, seorang ahli gizi di American Dietetic Association, menyatakan bahwa berjalan ringan tidak hanya bermanfaat untuk membakar kalori, tapi juga bisa menghilangkan stres dan menyegarkan tubuh. Atau jika benar-benar tidak sempat, kamu tetap bisa berolahraga ringan dengan meluangkan waktu untuk berjalan menuju kantor.