7 Tips Memulai Bisnis Online Agar Cepat Sukses

7 Tips Memulai Bisnis Online Agar Cepat Sukses
Tips Memulai Bisnis Online Agar Cepat Sukses

Sebelum memulai bisnis online, kamu wajib membaca 7 tips memulai bisnis online ini agar cepat sukses! Apa aja sih?

Di zaman serba digital ini, semua orang perlahan-lahan telah beralih ke online. Mulai dari berkirim pesan, menonton film, mencari berita, bahkan berbelanja, semuanya sudah dilakukan serba online. Bisnis online telah menguasai industri dan tidak sedikit orang yang ingin ikut membuka bisnis online sendiri, mungkin termasuk kamu. Kalau kamu berencana untuk memulai bisnis online, berikut tips memulai bisnis online dari Ginta Kamka, CEO Woop.id yang perlu kamu ketahui agar bisnis kamu cepat sukses.

Tips Memulai Bisnis Online Agar Cepat Sukses

1. Tentukan dan fokus pada satu kategori produk/jasa

7 Tips Memulai Bisnis Online Agar Cepat Sukses - Tentukan dan fokus pada satu kategori produk/jasa
Tentukan dan fokus pada satu kategori produk/jasa

Sebelum memulai bisnis online, kamu harus menentukan apa produk/jasa yang akan kamu tawarkan. Usahakan produk/jasa kamu hanya fokus pada satu kategori agar bisnis kamu lebih tertata dan penjualan menjadi lebih maksimal karena pembeli tidak akan kebingungan dengan apa yang kamu jual.

2. Riset kompetitor dan cari keunikan bisnis

7 Tips Memulai Bisnis Online Agar Cepat Sukses - Riset kompetitor dan cari keunikan bisnis
Riset kompetitor dan cari keunikan bisnis

Setelah kamu menemukan produk/jasa apa yang akan kamu jual, carilah kompetitor yang menjual produk/jasa serupa, kamu bisa mencari melalui platform online marketplace seperti Tokopedia, Lazada, Shopee, dan lainnya. Lakukan riset terhadap bisnis mereka, seperti apa yang paling diminati pembeli. Cari keunikan bisnis online kamu yang membedakannya dengan kompetitor.

3. Cari supplier paling tepat

7 Tips Memulai Bisnis Online Agar Cepat Sukses - Cari supplier paling tepat
Cari supplier paling tepat

Jangan ragu untuk mencari supplier hingga ke luar negeri. Kamu bisa mencari supplier dari luar negeri melalui Alibaba. Di sana kamu dapat menemukan banyak sekali supplier yang bisa kamu pilih dan sesuaikan dengan bisnis online-mu.

4. Toko online

7 Tips Memulai Bisnis Online Agar Cepat Sukses - Toko online
Toko online

Toko online merupakan hal yang paling utama dalam bisnis online. Kamu bisa berjualan melalui platform online marketplace seperti Tokopedia, Lazada, Shopee, dan lainnya sekaligus melalui media sosial seperti Instagram, Facebook, dan sebagainya.

Baca juga: 5 Etika Bisnis yang Wajib Dimiliki Pengusaha Jika Mau Sukses

5. Informasi kontak dan nomor rekening penjualan

7 Tips Memulai Bisnis Online Agar Cepat Sukses - Informasi kontak dan nomor rekening penjualan
Informasi kontak dan nomor rekening penjualan

Jangan lupa untuk selalu menuliskan informasi kontak yang jelas agar pembeli tau harus menghubungi melalui mana. Sediakan nomor rekening dari bank yang paling umum dimiliki oleh orang-orang. Jika memungkinkan, berikan lebih banyak pilihan nomor rekening dari bank yang berbeda.

6. Promosi gratis hingga berbayar

7 Tips Memulai Bisnis Online Agar Cepat Sukses - Promosi gratis hingga berbayar
Promosi gratis hingga berbayar

Lakukan berbagai promosi dari yang gratis hingga berbayar. Promosi berbayar tentunya akan lebih efektif untuk bisnis online kamu. Media sosial seperti Instagram dan Facebook juga telah menyediakan layanan promosi berbayar yang dapat membuat produk/jasa kamu lebih dikenal.

7. Endorsement

7 Tips Memulai Bisnis Online Agar Cepat Sukses - Endorsement
Endorsement

Lakukan endorsement dengan public figure atau influencer yang dikenal oleh masyarakat karena sesuatu hal yang berhubungan dengan produk/jasa kamu. Contohnya, jika kamu menjual produk make-up, lakukanlah endorsement dengan beauty vlogger.

Itulah beberapa tips memulai bisnis online agar cepat sukses versi Ginta Kamka. Tentunya selain tips-tips di atas, kamu juga perlu konsisten dan bekerja keras agar bisnis kamu makin berkembang. Sukses terus ya, ladies!

Selanjutnya: