Banner

Tren Investasi Terbaru: Bukan Cuma Profit, Tapi Juga Manfaat

Tren Investasi Terbaru: Bukan Cuma Profit, Tapi Juga Manfaat
Investasi Bermanfaat

Siapa bilang investasi hanya melulu mengenai uang? Ternyata ada tren dimana bisa profit sekaligus bermanfaat untuk orang lain.

Coba lihat portofolio investasimu saat ini. Apa yang kamu temukan? Mungkin beberapa properti seperti rumah dan tanah? Atau rekening deposito? Atau mungkin juga saham di perusahaan-perusahaan FMCG, batubara, dan minyak dan gas? Instrumen-instrumen semacam itu memang bisa memberimu keuntungan finansial, tapi apakah mereka dapat membantu menciptakan dampak sosial dan lingkungan yang positif?

Sekarang ini, semakin banyak investor yang berbondong-bondong mengalihkan portofolio mereka pada investasi berdampak sosial atau yang sering disebut sebagai impact investing. Impact investing adalah sebuah tren baru dalam investasi. Dalam impact investing, investor berinvestasi tidak hanya demi profit semata, tapi juga untuk menciptakan manfaat sosial.

Impact investing telah membuat investor di seluruh dunia memindahkan triliunan dolar dari portofolio mereka untuk diinvestasikan pada kegiatan-kegiatan usaha yang memiliki dampak sosial dan lingkungan yang positif. Kabar baiknya, kamu juga bisa menjadi seorang impact investor. Bagaimana caranya?

Platform untuk Investasi dengan Dampak Berarti

Tahukah kamu? Indonesia memiliki lebih dari 60 juta unit usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Sebagian besar, sekitar 98%, adalah usaha-usaha mikro di sektor informal yang berkontribusi sangat besar dalam menciptakan lapangan kerja di tanah air. Sayangnya, sebagian besar pelaku UMKM di Indonesia masih mengalami kesulitan dalam hal pengadaan modal usaha, sehingga mereka pun sulit berkembang.

Di sinilah kamu bisa berperan.

Kamu bisa mendukung UMKM Indonesia dan membantu mereka tumbuh dan berkembang dengan berinvestasi pada pinjaman modal usaha untuk UMKM. Kamu bisa melakukan hal ini dengan mudah melalui sebuah platform pinjaman peer-to-peer terkemuka yaitu MEKAR. MEKAR (PT Mekar Investama Sampoerna) menghubungkan kamu, para investor (disebut juga pemberi pinjaman atau lender), dengan pelaku UMKM di seluruh Indonesia yang membutuhkan pendanaan usaha.

Sekitar 95% pelaku UMKM yang mencari pinjaman usaha melalui MEKAR adalah perempuan. Setiap peminjam telah melalui proses seleksi yang sangat ketat sehingga hanya mereka yang usahanya memiliki dampak sosial dan lingkungan yang positif yang bisa mendapatkan pinjaman usaha melalui Mekar.id, marketplace pinjaman usaha online yang dijalankan oleh MEKAR.

Mudah dan Terproteksi

Di Mekar.id, kamu bisa berinvestasi pada pinjaman usaha untuk para pelaku UMKM di seluruh Indonesia mulai dari Rp 100.000 saja. Dengan berinvestasi, kamu bisa mendapatkan imbal hasil yang cukup tinggi sambil membantu pelaku UMKM membiayai operasional, membuka lapangan kerja baru, dan mungkin mengembangkan produk baru atau membuka cabang usaha. Hal ini akan meningkatkan kesejahteraan pelaku UMKM dan mendorong roda ekonomi lokal.

Satu hal lagi yang tak kalah pentingnya, di MEKAR, uangmu dilindungi dengan proteksi 100% atas pokok pendanaan. Proteksi ini disediakan oleh lembaga-lembaga keuangan yang bermitra dengan MEKAR (lending partner). Ini adalah salah satu cara MEKAR untuk mengurangi risiko investasimu.

Belum lama ini, MEKAR juga melangkah lebih jauh untuk melindungi uangmu yaitu dengan menambahkan fasilitas asuransi kredit untuk pinjaman-pinjaman tertentu di platform MEKAR. Jadi, risiko investasimu pun semakin kecil.

Pelajari lebih lanjut tentang impact investing bersama MEKAR di https://mekar.id.

Selanjutnya: Banyak mitos yang beredar tentang tidur malam. Pelajari hal-hal penting yang perlu kamu ketahui agar memiliki kualitas tidur yang baik.