Thursday, 09 May 2019

Pertimbangkan 3 Hal Ini Sebelum Menerima Ajakan Bukber

img detail
ISTOCK

Woop akan berbagi tips agar keuanganmu tidak menipis saat jadwal buka puasa bersama mulai banyak.

Puasa baru empat hari, tapi biasanya ajakan bukber sudah banyak untuk dihadiri. Sudah berapa banyak ajakan buka puasa bersama (bukber)? Sebelum kamu menjawab ajakan ‘bukber’ dari teman-temanmu, rasanya harus membaca artikel ini dengan seksama ya.aa

Satu kebiasaan yang menjadi keharusan saat bulan puasa tiba yaitu menghadiri buka puasa bersama alias bukber. Jangan heran jika dibulan ini akan banyak undangan ‘reuni’ yang datang menghampirimu. Menjadi waktu yang sangat baik untuk berkumpul dan bersilahurahmi, serta temu kangen bersama para sahabat, ajak bukber memang tidak bisa ditolak. Benar? Namun sayangnya, ajakan bukber yang banyak ini malah membuat isi dompet ‘menjerit’, karena tidak sedikit uang yang akan dikeluarkan. Jika tidak bisa dikelola dengan baik, anggaran dadakan yang tidak terkontrol ini malah akan membuatmu ‘miskin’ dengan cepat. Jadi, apa yang harus diperhatikan?

Sebenarnya, ada beberapa cara yang bisa kamu terapkan agar kantong tidak jebol saat harus menghadiri jadwal buka puasa bersama:

Datang ke Satu Tempat Saja

Bukan bermaksud sombong dengan menolak ajakan bukber lainnya, namun ada satu hal yang perlu diperhatikan yaitu waktu frekuensinya. Jika ada beberapa ajakan bukber dengan teman-teman yang sama, cobalah untuk datang ke satu tempat saja dan cukup sekali saja. Meski ini menjadi ajang temu kangen, tapi kalau dilakukannya beberapa kali menjadi tidak ada yang special lagi. Ditambah, kamu malah akan membuang-buang uang saja. Pastikan untuk membatasi kegiatan tersebut, jika memang kamu memiliki dana yang terbatas juga. Intinya, jangan memaksakan kehendak jika tidak sesuai dengan kenyataan.

Siapkan Anggaran

Ini penting! Tidak mau’kan terlihat ‘miskin’ di depan teman-temanmu? Yep, menyiapkan anggaran untuk kegiatan ini sangat disarankan. Apalagi jika kamu harus membayar makananmu sendiri. Pastikan kamu mengetahui lokasi mana yang menjadi tempat berkumpul dalam acara buka puasa bersama. Kalau memang kamu keterbatasan dana, tidak ada salahnya untuk memberikan ide lain kepada ‘panitia’ untuk mencari lokasi yang pas dengan kantongmu. Toh, tidak semua anggota grup memiliki perekonomian yang baik. Kuncinya adalah bukber  untuk menjalin silahturahmi, bukan untuk ajang pamer.

Jangan Impulsif

Yep, buka bersama sering dilakukan di pusat perbelanjaan. Biasanya, sehabisa kita bersilahturahmi dengan teman-teman, ada saja godaan yang membuatmu ingin berbelanja, apalagi banyak diskon yang ditawarkan. Cobalah untuk menahan godaan tersebut! Kendalikan dirimu dan fokuslah pada pengeluaran yang penting-penting saja. Namun jika, barang tersebut memang sangat kamu butuhkan maka belilah selagi barang tersebut lebih murah harganya dibanding hari biasa.

Selanjutnya: mau olahraga tapi bingung kapan waktunya, apalagi sedang puasa. Coba perhatikan 3 hal berikut ini terlebih dahulu. 


MORE ARTICLES


POPULAR ARTICLES
MORE CAREER
MORE TRAVEL
MORE INTERVIEW
MORE BEAUTY & STYLE
MORE MONEY
MORE HEALTH
MORE RELATIONSHIP
MORE HOUSE DECOR