Teknologi Tercanggih untuk Mengobati Jerawat di Indonesia

Teknologi Tercanggih untuk Mengobati Jerawat
ISTOCK

Acne adalah penyakit peradangan kronis dari folikel pilosebasea yg ditandai adanya lesi polimorfik

Kisah nyata: beberapa minggu belakangan ada banyak (lebih dari satu bisa dibilang banyak 'kan?) jerawat di wajah seorang teman. Banyak cara yang sudah coba, tapi pasukan jerawat itu makin berkembang—dan entah kenapa dia merasa sepertinya mereka sedang menertawakan usahanya. Sensitif? Setinggi Shanghai Tower. 

Jika diperhatikan dengan seksama—bentuknya yang merah, meradang dan kadang-kadang berdarah—kok jerawat mirip luka, luka, ya? 

"Acne adalah penyakit peradangan kronis dari folikel pilosebasea yg ditandai adanya lesi polimorfik berupa komedo, papul, pustul, nodus dan kista ditempat predileksi yaitu di wajah atau di beberapa bagian tubuh lainnya," jelas dr. Adelina Kautsar, Dipl. CIBTAC.

Penyakit. Wow. Tidak hanya itu, menurut Adelina ada beberapa jenis jerawat, di antaranya:

  • acne vulgaris (misalnya acne tropicalis): terjadi pada masa remaja akibat faktor pencetus, misalnya karena folikel-folikel rambut tersumbat dengan sel-sel kulit mata dari kulit. 

  • acne venetata: terjadi akibat kontaktan eksternal kimiawi, contoh: acne cosmetic akibat pemakaian kosmetik yang tidak sesuai dengan kondisi kulit masing-masing individu.

  • acne fisik: akibat agen fisik sinar matahari, sinar x, contohnya: komedo solaris

"Acne adalah penyakit kulit yg banyak terjadi pada hampir 80-100% populasi manusia dimana yang terbanyak adalah remaja yang berusia antara 16-19 tahun (pada pria) dan 14-17 tahun (pada wanita)

Pertanyaan terbesar sekarang: apakah jerawat bisa disembuhkan? "Bisa disembuhkan," kata Adeline dengan tegas. Lega? Lebih tinggi dari Shanghai Tower. 

Ada banyak metode yang tersedia untuk menyembuhkan penyakit kulit ini, tapi adakah yang direkomendasikan? "Pengobatan acne tergantung dari ringan beratnya acne yang diderita—dari penggunaan obat topikal, oral hingga laser," jawab Adeline dengan diplomatis. Dan selain bahan natural lain, teman terbaik wanita saat ingin menyembuhkan jerawat adalah: teknologi. Adeline mengiyakan hal ini, apalagi menurutnya teknologi untuk mengasai kasus-kasus acne sudah sangat berkembang dan maju. "Awalnya kasus jerawat hanya diobati dengan obat minum dan krim, tetapi sekarang sudah banyak alat, seperti laser yang dapat dikombinasi agar proses penyembuhannya jadi semakin cepat," tukasnya memberi harapan.