3 Cara Praktis Mendetoks Tubuh (Setelah Menggila di Akhir Pekan)

3 Cara Praktis Mendetoks Tubuh (Setelah Menggila di Akhir Pekan)
iSTOCK

Cara ini tidak akan membuatmu menderita (kecuali jika tidak suka sayuran).

Ah, suka atau tidak, akhir pekan yang panjang sudah menuju detik-detik terakhir. Namun, sisa-sisa pizza, kentang goreng, ayam goreng, mi instan, dan dua mangkok es kepal apalah itu (saat buka puasa) masih terasa di gigi. Selamat, kamu berhasil menikmati hidup selama tiga hari ini! Agenda berikutnya adalah: membersihkan tubuh dan detoksifikasi. Akan tetapi alih-alih membuat diri menderita (lagi) dengan tren diet yang "aneh" atau mengubah gaya hidup secara drastis, sebenarnya ada perubahan-perubahan kecil yang bisa kita lakukan untuk mendetoks tubuh. Efektif. Tidak butuh duit banyak. Apalagi usaha terlalu keras (kecuali kamu benci sayuran). 

daihatsu banner

Menurut seorang dokter, Frank Lipman, MD, inti detoks sebenarnya adalah membantu liver bekerja dengan optimal. "Mendorong fungsi liver akan membantu mengurangi akumulasi produk-produk toksik di dalam jaringan," kata Lipman kepada Health. Tiga cara di bawah ini dianjurkan oleh Lipman untuk dilakukan, tidak hanya setelah akhir pekan yang panjang, tapi juga setelah Lebaran, setelah Natal, setelah tahun baru—alias setiap hari. 

1. Bangun dan Sapa Perut dengan Air Lemon

Menurut Lipma, segelas air hangat dengan lemon segar di pagi hari akan "memperlengkapi tubuh dengan elektrolit yang menghidrasi dalam bentuk potassium, kalsium dan magnesium," jelasnya. "Semalaman kita mengalami dehidrasi saat  tubuh melakukan proses detoksifikasi, jadi penting untuk menghidrasi diri begitu bangun pagi." 

2. Gosok Kering Tubuhmu

Dengan menggosok tubuhmu sebelum mandi bisa "membantu kulit melepaskan sel-sel sisa dan tua, membuka pori-pori dan memampukan kulit untuk berkeringat dengan bebas," kata Lipman. "Hal ini juga menstimulasi sirkulasi di bawah kulit, yang akan menolong pembaharuan dan vitalitas sel." 

3. Habiskan Brokoli yang Ada di Piringmu

Brokoli memang minim rasa sehingga tidak heran jika banyak yang meminggirkan atau pura-pura tidak melihatnya saat berada di piring. Namun, sayuran krusiferus seperti brokoli, kale, kubis dan kembang kol, bisa mengurangi inflamasi kronis dan membantu mengeluarkan racun-racun di dalam tubuh. "Makanan ini mengandung antioksidan yang tinggi, yang menolong kemampuan tubuh untuk melawan racun-racun," jelas Lipman. Oh, waspada juga karena sayuran ini bisa membuatmu merasa agak kembung—dan aroma kentutmu bisa membuat orang serumah sesak nafas. 

Shop From Our Partner Cathaofficial.com