5 Hal Kecil yang Bisa Kamu Lakukan untuk Mendetoks Rumah

5 Hal Kecil yang Bisa Kamu Lakukan untuk Mendetoks Rumah
ISTOCK

Salah satunya: lepas sepatu atau sandalmu.

Tidak hanya tubuh, rumah pun membutuhkan detoks. "Ya, ampun, seperti kurang sibuk saja!" begitu protesmu. Namun, pertimbangkan: begitu banyak waktu yang kamu habiskan di dalam rumah. Lalu, fakta bahwa ada banyak bahah kimia sintetis yang "berterbangan" di dalam rumahmu yang berasal dari berbagai produk dari sampo sampai pembersih, mainan anak, furnitur, karpet, bahkan baju yang kamu pakai.

daihatsu banner

FYI, ada begitu banyak produk perawatan sehari-hari yang mengandung bahan-bahan yang beracun dan berbahaya bagi kesehatan reproduktif dan pertumbuhan bayi. Jadi, membersihkan rumah adalah sebuah keharusan. Tenang, tidak perlu harus sambil berjongkok atau mengepel berjam-jam sampai pinggangmu mau patah. Ada beberapa cara sederhana untuk membuat rumahmu (sedikit) lebih bersih dan mengurangi terpapar bahan-bahan kimia jahat. Ini lima tips yang bisa diikuti: 

1. Letakkan beberapa tanaman hidup di berbagai sudut rumah

Tidak hanya membuat penampakan rumahmu lebih segar, tanaman di dalam rumah juga berfungsi sebagai mesin detoks alami. Contohnya Eucalyptus, yang membantu memperlancar pernafasan, menjaga kesehatan kulit dan mengurangi risiko infeksi bakteri. 

2. Lepas sepatumu begitu masuk rumah

Kemana saja kamu hari ini? Berapa kali kamu masuk toilet umum? Yep, bisa dibayangkan betapa ramai dan serunya "taman bermain bakteri dan kuman" di telapak sepatu/ sandalmu. Jadi, lepaskan sekarang juga. Untuk solusi yang lebih higienis, sediakan selalu sandal khusus untuk di dalam rumah. 

3. Baca baik-baik label pada kemasan produk perawatan kulit dan pembersih 

Hindari segala sesuatu yang berhubungan dengan coal tarformaldehyde, lead acetate, petroleum (termasuk minyak mineral), phenylenediamine, alpha hydroxy acids dan silica. Yep, namanya memang sulit dihapalkan dan membuatmu seperti berada di kelas Kimia; untuk mempermudah hidup, ketik daftar senyawa berbahaya tersebut dan tempelkan di kulkasmu, atau foto dan simpan di ponselmu. Selalu gunakan setiap kali akan belanja produk pembersih rumah atau perawatan kulit baru. 

4. Buka pintu dan jendela

Udara di dalam ruangan bisa lebih tercemar daripada udara di luar bahkan di kota yang penuh dengan pabrik dan industri. Oleh karena itu, buka pintu dan jendelamu selama beberapa menit setiap hari untuk membersihkan udara pengap dan pastikan setiap ruangan memiliki ventilasi yang memadai. 

5. Kurangi penggunaan plastik 

Plastik terbuat dari berbagai bahan kimia, dan senyawa-senyawa tersebut bisa luluh ke sekitarnya—udara, air, debu, tangan, makanan, dan minuman. Dan seperti yang kita tahu, mereka ini adalah penjahat kesehatan. Jika memungkinkan, ganti kontainer plastikmu dan gunakan yang terbuat dari kaca dan stainless steel.

Shop From Our Partner Cathaofficial.com