Atlet Difabel Indonesia, Karisma Evi Tiarani Jadi Pelari Tercepat di Dunia

Atlet Difabel Indonesia, Karisma Evi Tiarani Cetak Rekor
Karisma Evi Tiarani (kompas.com)

Nama Indonesia kembali harum di mata dunia, karena salah satu atlet difabelnya berhasil menorehkan prestasi membanggakan.

Atlet Indonesia kembali menelurkan prestasi di mata dunia dalam Kejuaraan Dunia Para Atletik di Dubai, Uni Emirat Arab, Rabu (13/11).

Kejuaraan Dunia Para Atletik merupakan ajang olahraga yang diperuntukkan bagi para teman-teman difabel. Dalam ajang itu, atlet difabel asal Indonesia, Karisma Evi Tiarani berhasil menjadi juara dunia lari 100 meter.

Karisma Evi Tiarani merupakan atlet tunadaksa, yang memiliki kondisi kaki kiri lebih pendek dibanding kaki kanannya sejak lahir. 

Karisma Evi Tiarani (cnnindonesia.com)
Karisma Evi Tiarani (cnnindonesia.com)

Perempuan 18 tahun asal Desa Talak Broto, Boyolali, Jawa Tengah, ini mengatakan tak menyangka bakal memenangi kejuaraan sampai mampu memecahkan rekor dunia. Pasalnya, ia harus bersaing dengan atlet lain yang lebih berpengalaman di ajang tersebut.

Baca juga: Didepak dari Liga, Megan Rapinoe Beri Dukungan pada Colin Kaepernick

"Ini pertandingan world champ pertama saya," ujar Karisma Evi Tiarani saat bertemu Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo di kantor Kantor Gubernuran pada Senin, (18/11) dilansir dari Tempo.

Ia juga menyebutkan bahwa tak ada persiapan khusus sebelum mengikuti kejuaraan dunia, dan tetap berlatih sesuai porsi latihan dari tim pelatih. 

View this post on Instagram

— Sobatpora, Atlet Indonesia kembali mencetak REKOR DUNIA! Kali ini kabar gembira datang dari atlet andalan Para Atletik NPC Indonesia, Karisma Evi Tiarani yang berhasil memecahkan REKOR DUNIA di nomor 100m putri kelas T63 dengan catatan waktu 14,72 detik pada kejuaraan World Para Athletics Championships 2019, Dubai, Uni Emirat Arab, 7-15 November 2019. . Keberhasilan Karisma Evi Tiarani merupakan Emas pertama Indonesia dalam ajang tersebut sekaligus mengantarkan Tiarani melenggang pada Ajang Paralimpiade Tokyo 2020. KEREN! . Sementara itu, di nomor 100M Putra kelas T37, pelari Indonesia Saptoyoga Purnomo berhasil meraih perunggu dan mencetak rekor tingkat asia dengan catatan waktu 11,41 detik. . Selamat untuk kontingen Para Atletik Indonesia! . #Kemenpora #PemudaMajuOlahragaJaya #IndonesiaJuara

A post shared by Kemenpora RI (@kemenpora) on

Karisma juga menuturkan bahwa pelari asal Italia, Monica Graziana Contrafatto, pemenang pertama di kejuaraan dunia para atletik sebelumnya, merupakan lawan terberatnya dalam pertandingan.

Pada akhirnya, pelari dari Italia tersebut menduduki peringkat kedua dengan catatan waktu 15,56 detik. Hal itu pun menjadikan Karisma Evi Tiarani sebagai pemecah rekor dunia lari 100 meter dengan catatan waktu 14,72 detik.

Dengan hal ini, ia berharap dapat kembali menyumbangkan emas dalam ajang ASEAN Paragames di Filipina dan Olimpiade Paralimpik di Tokyo, Jepang pada 2020. "Insya Allah emas," katanya.

Sekali selamat untuk Karisma, semoga kelak bisa terus berprestasi dan mengibarkan bendera Merah Putih di kancah internasional, ya!

Selanjutnya: Pamerkan foto wanita tanpa make-up, fotografer asal Inggris, Sophie Harris-Taylor, ingin bangkitkan rasa percaya diri perempuan.

Loading Facebook Comment ...