Makanan Ini Berkhasiat Mencegah Penuaan Dini

Makanan Ini Berkhasiat Mencegah Penuaan Dini
iSTOCK

Dan membuatmu terlihat dan merasa sehat.

Kemungkinan (sangat besar) ini adalah rahasia Jennifer Aniston, Beyonce atau Reese Witherspoon, atau bahkan Titiek Puspa. Untuk tetap awet muda. Taruhan. 

daihatsu banner

Seperti yang kita tahu, dari sisi sains penuaan dini adalah lebih tentang pilihan gaya hidup dibandingkan faktor keturunan. Artinya, pilihan diet, kebiasaan hidup dan olahraga dan pilihan lainnya bisa mempercepat atau memperlambat tanda-tanda penuaan dini. Salah satu pilihan mencegah penuaan dini: mengonsumsi makanan yang mengandung alkaline dan antioksidan. Kenapa? Ini adalah upaya menghambatstres oksidatif pada tubuh, yaitu kondisi tidak seimbang antara produksi radikal bebas dengan kemampuan tubuh untuk mendetoksifikasi efek-efek berbahaya dengan cara menetralisirnya dengan antioksidan. Intinya sih, kondisi tersebut merupakan penyebab utama penampakan luarmu tampak lebih tua dari wajahmu—jadi kamu memang membutuhkan makanan anti-penuaan dini ini.  

1. Sayuran Krusiferus 

Contohnya: brokoli, kale, kembang kol. Sayuran ini kaya akan serat dan antioksidan dan mengandung sulforaphane, yakni sebuah phytochemical yanng menstimulasi enzim-enzim detoks di dalam tubuh untuk mencegah kerusakan sel-sel dan secara alami mengurangi radikal bebas oksigen, juga mencegah kanker

2. Alpukat

Salah satu hal yang patut disyukuri tinggal di Indonesia: alpukat murah dan mudah didapat. Asal tahu saja, alpukat berisi nutrisi penting yang tidak bisa diproduksi oleh tubuh secara natural. Plus, monounsaturated fat di dalamnya merendahkan kolesterol, dan antioksidannya mencegah tanda-tanda penuaan dini. Oke, mari beli alpukat sekilo hari ini!

3. Goji Berries 

Reputasinya: buah ampuh menangkal penuaan dini. Konon ditemukan oleh biksu Budhis di Tibet, jenis beri ini juga dipercaya membuat umur panjang karena menyehatkan untuk jantung, memberikan asupan energi, dan memurnikan darah. Juga dipenuhi properti yang berkhasiat memudakan kulit. 

4. Minyak Kelapa 

Salah satu sumber lemak baik yang ketika dikonsumsi langsung menuju ke jantung dan berubah menjadi energi, bukan disimpan sebagai lemak. FYI, lemak baik seperti ini memberikan efek luar biasa jika kamu sedang ingin mengurangi berat badan atau menunda penuaan dini. Baru tahu tabir suryamu habis? Gunakan minyak kelapa sebagai penggantinya. Minyak ini juga mengandung lauric acid, properti yang efektif melawan infeksi karena bakteri, parasit, dan virus. 

5. Ikan Berminyak

Maksudnya adalah ikan-ikan yang kaya akan lean protein dan lemak omega-3 seperti wild salmon yang membuat kulit terlihat muda dan rambut sehat. 

Shop From Our Partner Cathaofficial.com