Banner

Makanan 'Sehat' yang Sebenarnya Penuh dengan Gula

Makanan Sehat yang Sebenarnya Penuh dengan Gula
ISTOCK

Kejutan!

Kita tahu harus menahan diri makan gula; sesedikit mungkin kalau bisa. Lalu, produk yang masuk ke mulutmu pun dijaga ekstra ketat, ibaratnya rela menyewa "bodyguard" tambahan demi tujuan tersebut. Bodyguard ini adalah cemilan "sehat", bisa berupa jus hijau (dicampur buah) atau energy bar. Namun, sebenarnya kita sering kali dengan mudah terbuai slogan "sehat" mereka. Padahal, di cemilan olahan ini gula merajalela, sama seperti di candy bars, es krim, atau bahkan cupcakes. Contohnya lima makanan ini: 

Energy Bar

Jangan pernah makan energy bar tanpa memelototi informasi nutrisinya terlebih dahulu. Meskipun gula dari energy bar tersebut tidak "added sugar" (karena berasal dari bahan-bahan seperti buah beri atau kurma), akan tetapi tetap menaikkan gula darah dan berdampak lebih cepat dibandingkan, yah, makan langsung buah beri atau kurma. 

Jus Hijau Botolan

Karena sadar tentang betapa bergulanya jus buah, lantas kamu berpikir bahwa jus hijau lebih... aman. Namun, buah-buahan—apel dan nanas, contohnya—yang ditambahkan ke dalam jus hijau botolan ini punya cara ajaib untuk membuat kandungan gula di dalam jus tersebut meroket. Walaupun gula di dalam jus hijau tersebut terjadi secara natural, intinya tetap saja porsinya kebanyakan—jadi lebih baik makan buah segar sekalian. 

Yogurt dengan Rasa

Percaya atau tidak, yogurt jenis ini mengandung banyak gula sampai-sampai sebenarnya bisa dikategorikan sebagai makanan penutup. Misalnya, satu gelas Yoplait Original Yogurt bisa memiliki sampai 26 gram gula per sajian. Jika mau dibandingkan, kuantitas ini sama banyaknya dengan makan satu gelas es krim (28 gram). 

Buah Kering

Meskipun buah-buahan kering mengandung serat dan nutrisi, sayangnya juga kaya dengan gula—biasanya adalah added sugar, terkecuali kamu membelinya dari toko sehat yang terpercaya. Sebuah kotak buah kering seberat 1 ½-ons  (kira-kira seukuran kotak makan siang) memiliki 20 gram gula. Aprikot kering juga penuh dengan sugar—setengah gelas bisa sampai 35 gram gula. Jadi, jika kamu benar-benar ngidam gula, lebih baik pilih buah segar daripada kering. 

Sereal "Sehat"

Saat beli sereal dan langsung menuju rak yang penuh dengan wholesome cereals, rasanya bangga setengah mati. Meski kedengarannya tidak masuk akal, sereal jenis ini terkadang memiliki kandungan sugar lebih dibandingkan sereal anak-anak. Misalnya, Kellogg Cracklin' Oat Bran memiliki 14 gram gula per saji—lebih banyak daripada Kellogg Frosted Flakes (11 gram). Belum lagi Kellogg Müeslix: terdapat 28 gram dalam 1 1/3 gelas, lebih dari yang terdapat dalam satu batang Snickers (27 gram). Buum!