Takut Kena Hipertensi? Ini 5 Cara Mudah Cegah Darah Tinggi Saat Hamil

5 Cara Cegah Darah Tinggi Saat Hamil
5 Cara Cegah Darah Tinggi Saat Hamil

Terjangkitnya darah tinggi tentu sangat berbahaya, terlebih bila kamu sedang mengandung. Berikut cara cegah hipertensi dengan mudah!

Hipertensi mungkin menjadi sebuah istilah yang sudah tak asing didengar, khususnya di kalangan orang tua. Hipertensi merupakan sebuah kondisi di mana individu memiliki tekanan darah yang tinggi.

Meski banyak menyerang orang tua, nampaknya kamu pun bisa saja terkena hipertensi di tengah masa kehamilan kamu. Pasalnya, diketahui 8 dari 10 orang wanita hamil mengalami hipertensi di tengah masa kehamilannya. Memiliki hipertensi saat hamil tentu akan mempengaruhi kesehatan janin serta proses melahirkan calon bayi.

Banyak kasus yang beredar bahwa hipertensi dapat menyebabkan merengutnya nyawa dari si bayi saat melahirkan, ataupun merengut nyawa sang Ibu saat melahirkan.

Hal tersebut tentu menjadi sebuah mimpi buruk untuk dialami oleh kedua calon orang tua, baik sang Ayah maupun sang Ibu.

Terkait hal tersebut, berikut adalah 5 cara yang dapat calon Ibu lakukan untuk mencegah mengalami hipertensi atau darah tinggi saat sedang hamil.

5 Cara Cegah Darah Tinggi Saat Hamil

1. Melakukan Aktivitas Fisik

Lakukan Aktivitas Fisik
Lakukan Aktivitas Fisik

Saat sedang hamil, kamu perlu melakukan olahraga untuk menjaga daya tahan tubuh. Olahraga di sini bisa kamu lakukan hanya dengan berjalan-jalan saja. Dengan melakukan aktivitas tubuh, menjadi salah satu cara untuk kamu menghindari darah tinggi.

Kamu dianjurkan untuk berjalan-jalan setidaknya 30 menit tiap harinya. Selain berjalan, kamu juga bisa lakukan olahraga lainnya seperti berenang.

2. Jangan Makan Berlebihan

Hindari Makan Berlebih
Hindari Makan Berlebih

Ketika hamil, istilah “eating for two” merupakan hal yang wajar didengar. Meskipun ketika kamu hamil kamu dianjurkan untuk makan dengan lebih banyak dibandingkan saat kamu tak hamil, namun kamu harus tetap menjaga porsi makan kamu.

Kebanyakan makan dapat menyebabkan kenaikan berat badan yang mana tak menutup kemungkinan pada akhirnya akan memicu darah tinggi.

Baca juga: Ini Kenapa Gluten Bisa Berbahaya Saat Hamil

3. Hindari Kafein

Kafein
Kafein

Sebagian besar orang mungkin memiliki ketergantungan yang cukup besar terhadap kafein, namun ketergantungan ini harus kamu berhentikan ketika kamu sedang mengandung.

Kandungan kafein memiliki keterkaitan pada penurunan aliran darah di plasenta yang mana dapat meningkatkan resiko keguguran. Tak hanya itu, kafein juga dapat meningkatkan tekanan darah tinggi.

4. Hindari Makanan Mengandung Garam Berlebih

Hindari Junk Food
Hindari Junk Food

Seperti yang diketahui pada umumnya, orang yang mengidap darah tinggi akan cenderung membatasi penggunaan garam pada makanannya. Hal tersebut disebabkan oleh kandungan sodium yang tinggi yang dapat meningkatkan tekanan darah meningkat.

Untuk itu, kamu sebaiknya menghindari makanan yang kaya akan sodium saat sedang mengandung. Hindari makanan cepat saji hingga makanan kalengan yang diketahui mengandung banyak sodium di dalamnya.

5. Hindari Stres

Rileks
Rileks

Stres pada umumnya dapat meningkatkan tekanan darah tinggi pada tubuh, baik untuk kamu yang sedang mengandung maupun yang tidak. Kamu bisa melakukan relaksasi untuk menghindari terjadinya stres sehingga kamu akan terhindar dari hipertensi.

Nah, itu lah kelima cara untuk mencegah terjadinya darah rendah atau hipertensi saat sedang hamil. Semoga bermanfaat, ladies!

Selanjutnya: