Jangan Konsumsi Makanan Ini Setelah Olahraga!

Jangan Konsumsi Makanan Ini Setelah Olahraga!
ISTOCK

Ingin sehat? Hindari enam makanan ini sehabis olahraga!

Siapa yang suka olahraga? Yep, olahraga menjadi satu hal yang harus kamu lakukan setiap hari, khususnya untuk kamu yang ingin mendapatkan tubuh yang sehat dan sedang menjaga berat badan. Untuk sebagian orang, olahraga tidak mudah didapatkan karena sibuknya aktivitas. Namun sebenarnya kamu bisa memanfaatkan waktu sebentar sebelum melakukan aktivitas rutin untuk berolahraga.

Bukan hanya dengan olahraga saja untuk mendapatkan tubuh yang sehat dan berat badan yang seimbang, melainkan kamu juga harus serius menjaga asupan yang masuk kedalam tubuhmu. Karena setelah kamu selesai berolahraga, tubuh akan mengirimkan sinyal ke otak, lalu setelah itu akan membuat kamu merasa lapar sehingga membuat kamu ingin menyatap semua makanan. Oleh sebab itu, kamu harus lebih memilih nutrisi dan memikirkan jumlah kalori yang akan masuk kedalam tubuh setelah berolahraga. Untuk itu, kamu hanya perlu menghindari beberapa jenis makanan ini:

1. Sayuran Mentah

Sayuran Mentah
Sayuran Mentah

Mungkin tampak mengejutkan bahwa sayuran mentah tidak disarankan untuk dimakan sehabis olahraga. Sebenarnya, yang perlu kamu tau, sayuran seperti wortel, seledri, paprika, dan brokoli memang jenis sayuran yang baik untuk tubuh karena banyak mengandung vitamin didalamnya. Namun kalori yang dbutuhkan untuk tubuh tidak cukup hanya dengan memakan jenis sayuran tersebut. Kamu bisa menambahkan yogurt, atau jenis saus yang sehat dan tidak berlemak.

2. Makanan Cepat Saji

Kentang goreng
Kentang goreng

Satu kentang goreng, satu cheeseburgers, dan satu nachos terdengar enak dan bisa mengenyangkan. Tapi semua makanan itu bisa menimbulkan penyakit, serta membuat olahraga yang kamu jalankan menjadi sia-sia. Semua lemak yang terdapat dalam fast food bisa memperlambat pencernaan. Ingat tujuan berolahraga adalah untuk mengisi glikogen tubuh dan mengurangi lemak, bukan menambah jumlah lemak bukan.

3. Makanan Asin dan Gurih

Keripik kentang
Keripik kentang

Cobalah untuk mengurangi mengemil sehabis berolahraga. Cemilan seperti keripik kentang dan sejenisnya bisa menurunkan kadar potassium, yang berfungsi untuk memulihkan tubuh kamu sehabis olahraga.

4. Minuman bersoda 

Minuman bersoda
Minuman bersoda

Haus memang dirasakan setelah berolahraga, tapi jangan pernah mengganti air putih dengan menuman bersoda, jus buah, atau minuman lainnya. Menenggak minuman yang mengandung pemanis buatan setelah berolahraga memang tidak selalu baik untuk tubuh, karena mempunyai efek melambatkan metabolism dalam tubuh.