Jelang Puasa, Lakukan 5 Kebiasaan Ini Agar Tubuh Tidak 'Kaget'

Jelang Puasa, Lakukan 5 Kebiasaan Ini Agar Tubuh Tidak Kaget
ISTOCK

Sudah siapkah kamu menjalankan ibadah puasa? Sekarang saatnya untuk kita mempersiapkan diri menyambut bulan yang penuh berkah ini.

Tidak terasa bulan ramadan sudah di depan mata, kita akan menjalankan puasa selama 30 hari. Namun, sudahkah kamu mempersiapkan diri untuk menyambut bulan ramadan? Selama ramadan, rutinitas kita pun akan berubah seperti jam kerja yang berubah, tidak bisa ngemil setiap waktu, bahkan kita harus bangun tengah malam untuk sahur. Agar tubuh tidak kaget, mulailah biasakan beberapa hal ini dari sekarang (sebelum kita benar-benar melakukan ibadah puasa).

Kurangi Porsi Makan

img

Bukan melarang kamu untuk tidak makan, tapi hanya mengurangi porsi makanmu saja. Jika biasanya kamu makan dalam porsi besar, sekarang waktunya memulainya dengan porsi kecil. Tahan keinginan makan dalam porsi besar dan makan malam yang banyak. Satu lagi yang harus dilakukan menjelang ramadan, kurangi juga untuk mengonsumsi makanan yang asin dan makanan manis. Bagi kamu yang jarang minum, mulailah memperbanyak minum air putih, agar tubuh tidak akan mengalami dehidrasi selama berpuasa nantinya.

Jangan Ngemil

img

Siapa yang hobinya ngemil? Selalu lapar setiap saat. Bagi kamu yang bekerja, kebiasaan ngemil memang tidak pernah bisa lepas dari rutinitasmu di kantor. Selalu saja ada berbagai macam keripik di atas meja kerjamu. Eits, stop doing it! Cobalah untuk menyingkirkan semua cemilanmu sekarang juga. Tetaplah sibuk sehingga tidak terlalu memikirkan tentang makanan. Dengan cara ini otak kita juga tidak akan fokus pada rasa lapar yang kita rasakan. Jika ‘rutinitas’ ngemil tetap kamu lakukan, hal itu akan membuatmu sulit untuk menjalankan puasa.

Sarapan Lebih Pagi

img

Menjalankan ibadah puasa berarti tidak makan dan minum dari subuh sampai maghrib tiba. Nah, sebelum memasuki ‘rutinitas’ tersebut di bulan ramadan, cobalah untuk mengatur jadwal sarapan lebih pagi lagi. Hal ini bertujuan untuk membantu tubuhmu tidak kaget, saat harus menerima makanan jauh lebih awal.