Kabar Gembira Buat Perempuan, Puasa Bisa Buatmu Awet Muda!

Kabar Gembira Buat Perempuan, Puasa Bisa Buatmu Awet Muda!
Puasa Bisa Buatmu Awet Muda

Terbukti oleh sejumlah penelitian, puasa dipercaya mampu membuat kamu awet muda. Kok bisa? Berikut penjelasannya!

Bagaimana puasamu hari ini? Harus tetap semangat ya mengingat sebentar lagi akan menyambut Hari Raya. Puasa yang sudah kamu jalani ternyata bukan hanya untuk belajar menahan hawa nafsu dan mendapat pahala. Puasa ternyata memiliki manfaat lain untuk kesehatan tubuh dan kecantikan. Salah satunya dapat mencegah penuaan dini dan meningkatkan metabolisme tubuh.

Penelitian dilakukan oleh Dr. Ming Hui Zou, direktur Centre for Molecular and Translational Medicine di Georgia State University, Atlanta. Ia mengungkap bahwa berpuasa bisa mencegah penuaan pada pembuluh darah.

"Ketika usia seseorang bertambah tua, pembuluh darah yang memasok oksigen ke seluruh tubuh akan menjadi organ tua yang paling sensitif dan cepat rusak. Nah dengan berpuasa bisa mencegah penuaan pada pembuluh darah,” kata Dr. Ming.

Baca juga: 6 Makanan yang Harus Dijauhi Saat Buka Puasa

img

Kinerja puasa bisa bikin awet muda

Molekul yang didapatkan dari manfaat berpuasa ini dinamakan Beta-hydroxybutyrate untuk mencegah penuaan pada pembuluh darah. Selain itu, proses penuaan pada pembuluh darah melatarbelakangi beberapa penyakit kronis, seperti penyakit jantung dan alzheimer. Bila pembuluh darah dapat dipertahankan kemudaannya maka risiko akan penyakit-penyakit tersebut akan menurun.

Tidak hanya itu saja manfaat berpuasa. Selain mencegah penuaan dini, berpuasa juga dapat meningkatkan metabolisme tubuh. Metabolisme adalah proses yang dilakukan tubuh untuk mencerna makanan dan mengubahnya menjadi energi.

Sebuah penelitian dilakukan dengan meneliti empat orang sukarelawan yang berpuasa selama 58 jam. Dengan menggunakan metabolomik, atau pengukur metabolit, para peneliti menganalisis sample darah selama puasa. Karena tubuh manusia kekurangan makanan, hal tersebut menyebabkan beberapa perubahan metabolisme dalam tubuh.

Hasilnya adalah mitokondria yang berfungsi untuk melepaskan energi yang tersimpan di dalam tubuh bekerja lebih keras untuk membentuk energi saat berpuasa dan hal ini akan berdampak pada naiknya metabolisme dalam tubuh.

Selanjutnya: Semakin hari, metode diet terus berkembang seiring dengan perkembangan zaman dan teknologi. Apakah kamu sudah pernah mencoba?

Loading Facebook Comment ...