Sebabkan Maag Kambuh, Hindari 7 Makanan Ini Saat Puasa

Sebabkan Maag Kambuh, Hindari 7 Makanan Ini Saat Puasa
SHUTTERSTOCK

Punya penyakit maag, tapi tetap harus menjalankan puasa? Jangan khawatir, kamu hanya perlu menghindari tujuh makanan ini saja.

Bagi kamu yang memiliki penyakit maag, puasa menjadi hal terberat yang harus dilakukan. Karena saat puasa, perut akan kosong selama hampir 13 jam. Sementara itu, penyakit maag terjadi karena kebiasaan pola makan yang salah (seringnya telat makan), dan juga pengaruh makanan yang kita konsumsi setiap hari. Lantas apa yang harus dilakukan agar puasa tetap lancar, meski kita mempunyai maag? Yep, untuk mencegah terjadinya penyakit maag selama berpuasa, Woop menyarankan kamu untuk menghindari tujuh makanan penyebab maag, saat sahur ataupun buka puasa.

Gorengan

img

Tidak ada yang bisa menolaknya! Perlu diketahui makanan yang digoreng bisa menyumbang lemak dan kalori besar bagi tubuh lho. Ditambah lagi, jika kamu menggunakan tepung dalam makanan tersebut, hal itu akan semakin menambah asupan karbohidrat. Selain itu, makanan yang digoreng dalam temperature tinggi mengandung lemak jenuh yang buruk bagi kesehatan dan akan sulit dicerna oleh tubuh. Sehingga hal ini akan membuat lambungmu lebih sensitif dan mampu merangsang produksi asam lambung yang tinggi.

Produk Dairy

img

Bukan dilarang, tapi cobalah untuk tidak mengonsumsinya selama puasa! Produk dairy yang kamu konsumsi memiliki kandungan laktosa yang berpotensi membuat tubuh menjadi lebih gemuk dan perut buncit. Di dalam laktosa terdapat enzim laktase yang sangat sulit diserap oleh tubuh seiring bertambahnya usia. Duh! Beberapa produk diary juga mengandung lemak yang tinggi, di mana akan sulit dicerna oleh tubuh. Sehingga membuat perutmu buncit dan berpotensi menyebabkan maag. Terlebih bagi kamu yang memang memiliki masalah lactose intolerance, maka makanan ini akan menjadi musuhmu. Sayuran yang Mengandung Gas

img

Percaya atau tidak, ada lho sayuran yang mengandung gas. Meski dianggap kaya dengan nutrisi dan sangat baik untuk tubuh, namun ada beberapa sayuran yang sebaiknya kamu hindari, khususnya untuk kamu penderita penyakit maag. Sayuran seperti brokoli, kol, dan asparagus mengandung kadar gas di dalamnya. Jika kamu konsumsi saat puasa, perutmu akan penuh dengan gas yang akan dengan cepat merangsang terjadinya sakit maag.

Makanan Pedas

img

Yep, makanan pedas memang selalu bisa menggugah selera. Tapi sayangnya, makanan pedas bisa menjadi ‘musuh’ yang harus dihindari bagi para penderita maag yang sedang menjalankan ibadah puasa. Hindari mengonsumsi makanan yang pedas terutama saat perut dalam keadaan kosong, ladies! Karena saat kamu mengonsumsi makanan pedas dapat meningkatkan risiko lambung teriritasi dan memicu rasa tidak nyaman pada perutmu.

Makanan Asam

img

Bukan hanya makanan pedas saja yang harus kamu hindari, makanan dengan rasa asam juga harus kamu jauhi. Rasa asam dalam makanan dapat menyebabkan kambuhnya penyakit maag dan membuat pencernaanmu sensitif akibat meningkatnya produksi asam lambung. Supaya ibadah puasamu tetap aman terkendali, tidak ada salahnya mencoba pilihan menu makanan dan minuman yang tidak memiliki kandungan asam.

Kafein

img

Mungkin agak susah untuk tidak mengonsumsinya sehari saja. Tapi bagi kamu penderita maag yang sedang menjalankan ibadah puasa, kamu benar-benar harus ‘puasa’ sejenak dari makanan dan minuman yang mengandung kafein ini seperti kopi. Beberapa biji kopi contohnya memiliki tingkat keasaman yang tinggi sehingga kurang ramah dengan pencernaanmu. Daging Merah

img

Perhatian-perhatian bagi kamu penggemar daging merah, namun kamu juga mempunyai penyakit maag rasanya harus mulai menjauhkannya. Daging merah yang mengandung protein membutukhkan waktu lebih lama untuk dicerna oleh  tubuh. Terlebih lagi, jika kamu menyantapnya dalam keadaan perut kosong dan terburu-buru. Hal ini akan semakin menjadi pemicu terjadinya masalah pada pencernaanmu dan berakhir dengan kambuhnya penyakit maag. Oh no! Jika hal itu tidak mau terjadi, ada baiknya untuk beralih mengonsumsi daging yang lebih mudah dicerna seperti daging ayam maupun ikan.

Selanjutnya: Jadi jomblo memang tidak enak. Selalu saja ada hal-hal yang membuatnya menjadi orang paling ‘menyedihkan’ sedunia. Salah satunya seperti penelitian berikut ini, yang mengatakan buka puasa sendirian bagi para jomblo ternyata tidak baik untuk kesehatan.