Telapak Kamu Tangan Mudah Berkeringat? Mungkin Ini Penyebabnya

Telapak Tangan Mudah Berkeringat? Ini Penyebabnya
Telapak Tangan Mudah Berkeringat

Risih dengan telapak tangan mudah berkeringat? Jangan khawatir, mungkin inilah penyebabnya.

Banyak yang menyebutkan, telapak tangan mudah berkeringat merupakan tanda bahwa seseorang yang memiliki penyakit pada jantungnya. Namun nyatanya, informasi tersebut tidak sepenuhnya benar lho.

daihatsu banner

Nyatanya, kondisi seseorang sering berkeringat bisa jadi karena produksi keringat yang berlebih pada bagian tubuh tertentu. Kondisi ini biasa disebut Palmar Hiperhidrosis dalam bahasa medis. Apa sih penyebabnya dan bagaimana cara mengatasinya?

Apakah Hiperhidrosis itu?

Apa itu Hiperhydrosis?
Apa itu Hiperhydrosis?

Berkeringat pastinya adalah hal yang sangat wajar dialami oleh semua manusia di muka bumi ini. Namun, sedikit berbeda bagi penderita Hiperhidrosis yang akan memproduksi dan mengeluarkan keringat dalam jumlah banyak, bahkan berlebihan.

Bagi penderitanya, keringat tersebut tidak melulu diproduksi ketika suhu panas ataupun sedang menjalankan aktivitas yang berat. Lalu, keringat juga tidak melulu dikeluarkan pada area-area tertentu, tapi sampai telapak tangan pun akan ikut keluar keringat. Makanya, orang yang telapak tangannya mudah berkeringat, tidak melulu karena mempunyai penyakit jantung.

Untungnya, secara garis besar Hiperhidrosis sendiri tidak berbahaya ataupun fatal bagi penderitanya. Hanya saja, pastinya si penderita mungkin akan lebih tertekan secara psikis karena menimbulkan rasa malu dan stress.

Baca: Ini Cara Mempertahankan Dandananmu Saat Keringat Bercucuran

Apa penyebab Hiperhidrosis?

Berdasarkan penyebabnya, Hiperhidrosis sendiri dibagi menjadi dua, yaitu Hiperhidrosis primer dan Hiperhidrosis sekunder. Hiperhidrosis primer sendiri merupakan mekanisme dimana tubuh yang mendorong aktivitas kelenjar keringat bekerja lebih aktif walaupun tidak ada pemicunya.

Sedangkan Hiperhidrosis sekunder mulai terjadi karena adanya kondisi medis tertentu, seperti TBC, tumor, asam urat, obesitas, hingga jantung. Pastinya Hiperhidrosis sekunder harus ditangani lebih serius agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Bagaimana cara mengatasinya?

Cara mengatasi Hiperhydrosis
Cara mengatasi Hiperhydrosis

Untuk mengatasi Hiperhidrosis, khususnya untuk kasus telapak tangan mudah berkeringat, caranya cukup mudah lho. Kamu hanya perlu bedak bayi dan taburkan pada telapak tanganmu. Bedak bayi sendiri dipercaya dapat menyerap berbagai macam cairan, khususnya keringat.

Namun, jika bedak bayi dirasa kurang ampuh, kamu bisa dengan mulai meminum antiperspirant yang bisa kamu dapatkan di apotik. Obat ini sendiri berguna untuk menyumbat kelenjar keringat yang dapat mengeluarkan cairan keringat secara berlebih.

Untuk berjaga-jaga, sebaiknya kamu tetap memerikasakan keadaan ini ke dokter ya. Karena, seperti yang sudah dijelaskan di atas, Hiperhidrosis sendiri terbagi menjadi dua dan Hiperhidrosis sekunder lah yang perlu kita perhatikan.

Selanjutnya: Ingin tahu apakah siklus menstruasi teratur atau tidak? Baca selengkapnya disini.

Shop From Our Partner Cathaofficial.com