Banner

Triple Cleansing, Teknik Baru Bersihkan Wajah dari Makeup

Triple Cleansing, Teknik Baru Bersihkan Wajah dari Makeup
ISTOCK

Banyak yang sudah tahu tentang one cleansing maupun double cleansing, tapi apakah kamu tahu tentang triple cleansing? Woop dibantu oleh seorang ahli untuk menjawabnya. 

Membersihkan wajah memang menjadi hal yang tidak boleh dilewatkan. Karena jika kita tidak membersihkannya, banyak hal yang akan terjadi pada kulit. Salah satunya jerawat. Yep, banyak cara yang bisa dilakukan untuk membersihkan wajah, misalnya saja dengan one cleansing atau double cleansing. Namun belakangan ini, kedua cara tersebut dianggap tidak lagi cukup. Apalagi jika kamu lebih sering menggunakan makeup dan beraktivitas di luar ruangan. Tenang! Ada cara baru yang bisa kamu gunakan untuk membersihkan wajahmu, yaitu dengan triple cleansing. Maka dari itu, Woop bertanya kepada dr. Listya Paramita, sp.KK., seorang dermatolog dari Elshéskin Clinic, Yogyakarta.

Apa itu triple cleansing?

Triple cleansing adalah cara membersihkan wajah dengan tiga langkah. Langkah pertama, diawali dengan cleansing wipes (kadang ada substitusi dengan icellar water) diikuti dengan cleansing balm atau cleansing oil. Kemudian dilanjutkan dengan facial wash atau facial foam,” jawabnya kepada Woop.

Ternyata cukup panjang langkahnya. Tapi ada beberapa hal yang sebenarnya sama dengan double cleansing. “Iya, memang prinsipnya serupa dengan double cleansing, hanya ditambah satu step diawal proses saja,” ujarnya.

img

Adakah manfaatnya?

Triple cleansing lebih maksimal dalam membersihkan wajah, terutama ketika wajah lebih banyak menggunakan makeup berat atau full makeup,” tutur Mita.

Memiliki manfaat yang lebih maksimal membuat triple cleansing menjadi idola yang saat ini lebih banyak digandrungi oleh para perempuan. Menurut Mita, semua jenis kulit pada prinsipnya bisa menggunakan metode triple cleansing.

“Sesuaikan saja dengan kebutuhan,” katanya. “Pastikan kamu memilih produk yang sesuai degan jenis kulit. Jika sedang bermakeup tebal atau full makeup, maka sangat perlu menggunakan triple cleansing untuk memastikan wajah benar-benar bersih dari makeup. Namun jika tidak makeup atau hanya menggunakan makeup yang tipis, saya rasa tidak perlu menggunakan triple cleansing. Cukup gunakan double cleansing saja,” saran Mita.

Siap, Dok! Untuk mengetahui cara kerjanya, Mita menjelaskan, “Intinya adalah membersihkan wajah dari semua makeup dan kotoran yang menempel pada wajah. Karena jika tidak dibersihkan dengan tuntas, maka residu makeup dan sisa kotora di kulit dapat menimbulkan gangguan di kemudian hari. Misalnya tersumbatnya pori-pori, munculnya komedo dan jerawat.”

Selanjutnya: banyak hal yang kita lakukan untuk mendapatkan kulit yang sehat, putih, dan cantik. Tapi apakah kulit kamu benar-benar sehat? Untuk mengetahuinya lebih lengkap, simak penjelasan sang ahli di bawah ini