5 Karakteristik Orang yang akan Kamu Temui di Tempat Kerja

5 Karakteristik Orang yang akan Kamu Temui di Tempat Kerja
ISTOCK

Ada banyak karakteristik orang di tempat kerja. Tapi apakah kamu sudah mengenalnya satu persatu? Untuk itu, Woop mengajakmu untuk mengenalnya lebih dalam tentang karakteristik teman-teman kantormu!

Bekerja dengan banyak orang memang menjadi salah satu hal yang menarik. Di mana kita harus mengenal dan beradaptasi dengan mereka semua. Apalagi mereka memiliki karakeristik yang berbeda-beda setiap orangnya sehingga kita juga harus belajar memahami semuanya. Tentunya, hal ini tidak sulit untuk dijalankan karena dengan mengetahui karakteristik teman kerjamu, mungkin akan bermanfaat untuk kehidupanmu. Seorang CEO of Possible (sebuah firma marketing yang berpusat di New York), Shane Atchison, menjelaskan ada tujuh karakteristik yang kerap ditemui saat berada di sebuah kantor, antara lain: 

  • Optimis

img

Apakah kamu adalah orang yang optimis? Yep, pekerja dengan karakteristik optimistis adalah orang yang menyukai pekerjaannya dan percaya akan budaya perusahaan. Jika mereka menemukan pekerjaan, mereka akan berinisiatif menemukan solusi. Atchison menjelaskan, “Pekerja dengan tipe ini biasanya adalah orang yang terorganisir dan secara antusias mendukung anggota tim lainnya.” Selain itu juga, tipe optimistis adalah orang yang mau dibimbing dan terbuka. Namun satu hal yang perlu diperhatikan, jangan pernah memedulikan komentar rekan kerja yang negatif. 

  • Penghadang

img

Orang dengan karakteristik ini biasanya menjadi public enemy. Penghadang selalu bisa menemukan alasan untuk mengatakan tidak. Mungkin perusahaan menyukai mereka yang memiliki karakteristik ini karena terkesan detail, perhatian, dan cermat. Tapi menurut seorang Atchison, tipe penghadang ini sebenarnya dapat membuyarkan segala bentuk kegembiraan sehingga membuat motivasi yang telah dibuat hilang begitu saja. 

  • Pekerja keras

img

Semua perusahaan ingin memiliki pekerja dengan karakteristik seperti ini. Biasanya, mereka dengan karakteristik pekerja keras selalu tiba lebih awal dan pulang paling akhir. Tipe seperti ini percaya bahwa perusahaan akan membayar semua pengorbanan yang mereka telah lakukan. Jika kamu melihat dirimu sebagai tipe ini, Atchison menyarankan untuk mencoba mengatur waktu untuk lebih memanfaatkannya dengan kembali ke rumah lebih awal. Jika kamu sudah merasa lelah, cobalah untuk mengambil cuti liburan. Memang orang dengan karakteristik ini memiliki kreativitas dalam mencari solusi. Namun jika tidak diseimbangkan dengan kehidupan pribadi, sikap pekerja keras yang kamu miliki malah bisa menghancurkan dirimu sendiri. 

  • Egois

img

Semua orang memiliki sifat egois. Biasanya, orang yang egois lebih senang menyalahkan orang lain, suka membanggakan diri, dan terbilang licik. Mereka lebih memilih agenda pribadi dan tidak ingin melangkah terlalu jauh dalam pekerjaan kantor maupun dalam menjalin pertemanan di tempat kerja. Atchison mengatakan orang dengan tipe egois ini lebih percaya dengan jalan pintas untuk mencapai kesuksesan. Cobalah untuk menjauhi sifat egois ini, berhentilah mencari jalan pintas, dan jadilah pribadi yang lebih baik. 

  • Pengasuh

img