7 Kualitas yang Harus Dipunya Seorang Bos

7 Kualitas yang Harus Dipunya Seorang Bos
iStock

Kamu sekarang jadi bos? Ini kualitas yang harus dipunya seorang bos…

Ketika kamu berselancar di internet mungkin menemukan beberapa artikel tentang kualitas seorang atasan dan apa yang membuat karyawan bahagia di tempat kerja. Nah, Woop juga membahas soal itu tapi berdasarkan penelitian yang dilakukan Google

Google melakukan penelitian selama sepuluh tahun untuk menganalisis sifat prilaku manager berkinerja terbaik dan bagaimana kualitas seorang bos yang baik. Ini tujuh kualitas yang harus dipunya ketika kamu menjadi bos. 

  • Jadi Mentor yang Hebat

Seorang senior yang ideal bukan hanya memiliki kinerja baik tapi juga menjadi mentor hebat untuk rekan kerja di bawahnya. Dia bisa menginvestasikan waktu dan energi untuk meningkatkan keterampilan anggota tim dan menjadi mereka seorang profesional yang lebih baik serta produktif.

  • Bisa Empower Tim

Bagaimana seorang bos bisa empower timnya. Ingat, kamu tidak bisa meraih kesuksesan sendiri jika tanpa tim yang hebat. Untuk itu, seorang bos harus bisa mendorong timnya bereksperimen, berbagi ide, dan menguasai bidang pekerjaan mereka. Bawahan juga tidak harus meminta persetujuan bos dalam mengambil keputusan setiap hari. Ketika itu terjadi maka karyawan akan merasa diberdayakan, pada gilirannya mereka lebih termotivasi serta produktif di tempat kerja.

img

  • Menciptakan Lingkungan yang Nyaman Buat Karyawan

Tak hanya soal pekerjaan, seorang bos juga harus bisa menciptakan lingkungan yang nyaman buat karyawannya. Setiap karyawan menginginkan bos yang bisa membuat suasana kantor nyaman dan ‘sehat’ buat bekerja. Serta satu lagi—dia peduli akan kinerja setiap anggota tim. 

“Mereka (karyawan) merasa yakin bahwa tidak ada seorang pun dalam tim yang akan mempermalukan, menghukum orang lain karena mengakui kesalahan, mengajukan pertanyaan, atau memberikan ide baru,” kata Google.

  • Komunikator yang Produktif dan Baik

Seorang bos harus produktif dan berorientasi pada tujuan. Bos haruslah memiliki komunikasi yang lancar terhadap semua karyawannya. Ia harus memberi dan menerima umpan balik, menjadi pendengar yang baik, mendorong transparansi dalam tim, serta membuat karyawan selalu termotivasi.

img

  • Membantu Pengembangan Karier Karyawannya

Bos juga harus bisa membantu anggota tim mempelajari keterampilan baru, memahami tujuan profesional mereka, serta menawarkan umpan balik yang jujur dan mendukung semua karyawannya. Seorang atasan yang bagus akan selalu menyemangati karyawannya untuk terus maju dalam berkarier.

  • Memiliki Visi dan Keterampilan Teknis yang Jelas