Konsumsi 5 Makanan Ini Sebelum Olahraga Bisa Bantu Dietmu

Konsumsi 5 Makanan Ini Sebelum Olahraga Bisa Bantu Dietmu
iStock

Kamu mengonsumsi makanan lebih dulu kah sebelum olahraga? Coba konsumsi lima makanan ini yang bagus buat bantu turun berat badan.

Sebelum berolahraga, kamu disarankan mengisi perut dulu agar lebih berenergi dan ternyata bisa membantu menurunkan beratmu. Namun tergantung makanan ya tepat atau tidak? Lalu apa saja sih makanan yang sebenarnya disarankan untuk disantap sebelum olahraga? Ini lima pilihannya.

  • Nanas

img

Photo by @pineapple on Unsplash

What? Kok nanas? Yap, menurut Dr. Shaikh Sadaf, seorang ahli endokrin dari London University mengatakan bahwa nanas menjadi salah satu makanan pembakar lemak terbaik. Disarankan dikonsumsi sebelum berolahraga. Nanas tinggi karbohidrat dan serat sehingga mampu membantu kamu membakar lemak tanpa lonjakan gula yang dramatis. Seperti kebanyakan buah, nanas juga penuh air yang membuatmu tetap terhidrasi saat latihan.

  • Lemon

img

Beberapa dokter dan ahli gizi menyarankan untuk mengonsumsi air lemon sebelum olahraga. Lemon juga membantu membakar lemak lebih efektif. “Lemon membantu meningkatkan metabolisme dalam tubuh dan membakar kalori saat kamu berolahraga,” ujar penulis medis Usama Azam, MD.

Minumlah air dengan potongan setengah buah lemon sekitar 15 menit sebelum olahraga. 

  • Oatmeal

img

Orang diet makan oatmeal sebagai sarapan. Makanan ini memang bagus sih buat tubuh dan bisa dikonsumsi sebelum olahraga. Itu karena karbohidrat kompleks berserat tinggi yang akan memberikanmu energi selama latihan. 

  • Pisang

img

Para ahli sepakat kalau pisang menjadi makanan sebelum olahraga yang ideal. Pisang mengandung banyak karbohidrat dan serat.

“Sebelum kamu olahraga, kamu harus memikirkan makanan yang tinggi karbohidrat. Tidak hanya memberikan dorongan energi yang bagus tapi juga membantu membakar lemak,” papar Azam lagi.

  • Buah dan Kacang

img

Terkadang, makanan terbaik sebelum olahraga adalah dengan mengombinasikannya. Seperti campuran antara buah-buahan dan kacang yang bagus buat tubuhmu.

“Campur buah tinggi serat seperti apel dengan makanan nabati yang mengandung protein dan lemak (misal segenggam almond) yang akan memberikan campuran seimbang antara karbohidrat kompleks, lemak, serta protein sehat. Karbohidrat komplek akan memasok bahan bakar dan meningkatkan pembakaran lemak ketika olahraga dalam durasi yang lebih lama,” ujar ahli diet Rachel Fine kepada She Knows

Selanjutnya: ketahui cara menghadapi mertua yang sering membuat hidupmu seperti di neraka…

Loading Facebook Comment ...