Gerakan Olahraga untuk Mengecilkan Perut Ini Bisa Dicoba di Rumah

Kecilkan Perut dengan 5 Gerakan Olahraga Simpel Ini!
Olahraga mengecilkan perut

Bagi kamu yang memiliki segudang kesibukan, berolahraga di rumah menjadi solusi untuk menjaga kesehatan tubuh. Yuk coba praktikan!

Selain menganggu penampilan, memiliki perut buncit juga bisa menimbulkan masalah kesehatan yang cukup serius. Berbagai cara bisa dilakukan untuk menghilangkan perut buncit, seperti diet hingga olahraga.

Sayangnya, beberapa di antara kita kadang terlalu sibuk sampai tak bisa meluangkan waktu untuk berolahraga. 

Untuk itulah, salah satu solusi bagi kamu yang punya banyak kesibukan, adalah dengan berolahraga di rumah. Ini dia beberapa gerakan olahraga untuk menghilangkan perut buncit yang bisa kamu praktikan di rumah.

5 Gerakan Olahraga untuk Mengecilkan Perut:

1. Gerakan Sit-up

Gerakan sit-up
Gerakan sit-up

Kamu pasti sudah nggak asing dengan gerakan olahraga satu ini. Yup, meski sederhana, gerakan sit-up bisa mengecilkan perut jika dilakukan secara rutin dan tepat. 

Cara melakukan sit-up yang benar adalah, pertama-tama siapkan alas berupa matras. Kemudian berbaring menekuk lutut dengan telapak kaki menapak di lantai. Lalu, posisikan lengan menyilang di depan dada, atau bisa juga kamu letakkan di belakang leher.

Setelahnya, cobalah angkat bahumu menggunakan otot perut dan berhenti setelah bertemu dengan lutut. Oh ya, sebisa mungkin jangan mengangkat seluruh punggung dari lantai, karena ini bisa mengakibatkan otot punggung tertarik dan cedera.

2. Gerakan Back-up

Gerakan back-up
Gerakan back-up

Seperti namanya, gerakan ini bisa dibilang kebalikan dari sit-up, dimana badan diposisikan secara tertulungkup ke lantai. Nah, nggak hanya bermanfaat untuk menguatkan otot punggung, back-up juga bermanfaat untuk melangsingkan dan membakar lemak di perut.

Baringkan tubuh dengan posisi tertelungkup di lantai terlebih dulu, kemudian letakkan kedua telapak tangan di belakang tengkuk atau telinga, lalu tekuk tangan ke arah depan. Setelahnya, gerakkan kepala dan punggung naik kemudian turun sebanyak 15 kali, lalu ulangi lagi.

Bila merasa kesulitan, kamu bisa minta bantuan orang lain untuk memegang kedua kakimu, sehingga bisa lebih mudah mengangkat badan.

Baca juga: Malas Olahraga? Inilah Cara Mengeceilkan Perut Alami

3. Gerakan Naukasana 

Gerakan nauksana
Gerakan naukasana

Mungkin nama gerakan ini terdengar asing ya, padahal Naukasana adalah salah satu gerakan dalam senam yoga yang juga bermanfat untuk membakar lemak perut.

Gerakan ini cukup mudah dilakukan tanpa memerlukan alat bantu, dan hanya membutuhkan keseimbangan serta fokus. Naukasana akan menghasillkan hentakan, dan hentakan inilah yang membuat otot perut berkontraksi dengan cepat.

Kamu perlu memposisikan tubuh berbaring secara terlentang. Kemudian, rapatkan kedua kaki dan juga kedua tangan ke tubuh. Setelahnya, angkat kedua kaki dan tangan serta bahu dan kepala secara bersamaan sambil menarik napas. Tahan posisi tubuh tersebut selama 60 detik, lalu ulangi lagi sebanyak 3 set.

4. Gerakan Side Plank

Gerakan side plank
Gerakan side plank

Gerakan olahraga ini cukup sederhana dan mudah dilakukan di rumah, tetapi hasil yang didapatkan sangat efektif untuk membakar lemak di perut.

Berbeda dengan plank biasa, olahraga mengecilkan perut ini cukup menantang, karena menopang berat badan pada dua titik saja, yakni kaki dan siku.

Selain untuk melatih otot perut, gerakan side plank juga bermanfaat untuk melatih stabilitas tubuh dan otot inti (core muscle) pada perut, pinggang, serta paha.

Pertama-tama, posisikan siku tepat berada di bawah bahu dan lengan tegak lurus dengan tubuh. Luruskan kaki Anda dan tumpuk keduanya, selanjutnya adalah kontraksikan otot perut dengan mengangkat pinggul yang masih menempel dengan lantai sampai tubuh benar-benar terangkat dan lurus dari bahu hingga kaki.

Saat pinggul berada di atas, tahan posisi selama 30-45 detik. Kemudian turunkan kembali, dan ulangi beberapa kali, dan berbalik menghadap sisi sebaliknya.

Baca juga: Konsumsi 5 Makanan Ini Sebelum Olahraga Bisa Bantu Dietmu

5. Gerakan Heel Touch

Gerakan heel touch
Gerakan heel touch

Sekilas gerakan ini mirip dengan sit-up, namun seperti namanya, heel touch mengharuskanmu menyentuh kaki sambil berbaring.

Gerakan ini pun terbilang cukup mudah dilakukan, dan cocok bagi para pemula yang ini mencoba berolahraga di rumah. Untuk melakukannya, kamu hanya perlu berbaring terlentang kemudian menggerakkan tubuh ke kanan dan ke kiri secara bergantian.

Cara melakukannya adalah baringkan tubuhmu secara terlentang di lantai terlebih dulu. Lalu tekukkan kedua kaki dengan lutut menghadap ke atas seperti pada sit-up. Setelahnya, angkat sedikit bahu kemudian sentuh kedua tumit kanan dan kiri secara bergantian sebanyak 15 kali, dan ulangi lagi sebanyak 3 kali.

Nah itu tadi beberapa gerakan olahraga untuk mengecilkan perut yang bisa kamu coba di rumah yang menghemat waktu dan uang. Kini kamu nggak perlu ribet lagi saat berolahraga, mudah kan?

Selanjutnya: Penyakit memang bisa datang tak terduga. Begitu pula dengan tenggorokan gatal yang tentunya sangat mengganggu. Inilah cara mengatasinya.

Loading Facebook Comment ...