Banner

8 Cara Menggemukkan Badan Paling Ampuh Secara Alami

8 Cara Menggemukkan Badan Paling Ampuh Secara Alami
Cara Menggemukkan Badan

Bukan hanya orang gemuk yang ingin kurus, ternyata ada orang kurus yang susah gemuk lho. Inilah cara menggemukkan badan paling ampuh.

Memang menjengkelkan untuk orang dengan berat badan berlebih, ternyata ada orang-orang yang susah gemuk lho. Walaupun sudah makan seberapa banyak pun, berat badannya nggak juga bertambah.

Jika kamu adalah salah satunya dan ingin menambah berat badanmu agar nggak terlihat terlalu kurus, ada beberapa cara menggemukkan badan. Kali ini Woop akan membagikan cara untuk menggemukkan badan, tentunya dengan cara yang alami agar tetap aman untuk kesehatanmu.

Cara Menggemukkan Badan Secara Alami

1. Konsumsi Makanan Tinggi Protein

Makanan Tinggi Protein
Makanan Tinggi Protein

Walaupun tubuhmu gemuk, tapi jangan melupakan kekuatan otot ya. Konsumsilah makanan-makanan yang kaya akan protein berkualitas, seperti telur, daging, ikan, susu, dan juga biji-bijian.

Tubuh sendiri membutuhkan asupan protein sebanyak 0,8 gram/kg/hari. Makanya, konsumilah lebih banyak protein berkualitas melebihi kebutuhan protein dalam tubuh.

2. Konsumsi Makanan Berlemak

Makanan Berlemak
Makanan Berlemak

Kamu juga harus memenuhi kebutuhan lemak dalam tubuh jika ingin menggemukkan badan. Dengan mencukupi kebutuhan lemak, berat badanmu akan lebih cepat bertambah. Lengkapilah dengan lemak hewani yang terkandung di makanan daging-dagingan dan lemak nabati, seperti yang terkandung di kelapa, jagung, dan lainnya.

Namun perlu diingat, jangan terlalu banyak mengkonsumsi lemak hewani ya. Karena lemak hewani mengandung lemak jenuh yang dapat meningkatkan kolesterol jahat.

3. Konsumsi Karbohidrat

Makanan Berkarbohidrat
Makanan Berkarbohidrat

Perbanyaklah konsumsi karbohidrat, karena karbohidrat adalah salah satu cara terbaik menggemukkan badan. Mulailah dengan mengkonsumsi nasi, kentang, singkong, ubi jalar, gandung, dan tepung untuk mendapatkan asupan karbohidrat yang banyak. Tentunya dengan takaran yang tepat dan jangan berlebihan ya.

Baca Juga: Baru Tahu, Cheating Saat Diet Bisa Bantu Turunkan Berat Badan

4. Banyak Minum Air Putih

Minum Air Putih
Minum Air Putih

Tubuh kita sangat membutuhkan air dan ternyata lebih dari 70% orang dengan berat badan ringan kekurangan cairan dalam tubuh. Makanya, untuk menambahkan berat badan kamu, tentunya juga harus banyak mengkonsumsi air putih. Sebagai anjuran, manusia seharusnya mengkonsumsi 2 liter air putih per hari.

Agar nggak malas karena mual dan terasa kenyang ketika banyak meminum air putih, kamu bisa membaginya ke dalam beberapa sesi, yaitu ketika bangun tidur di pagi hari, siang hari, sore hari, dan malam hari. Namun perlu diingat, jangan banyak minum air ketika hendak makan ya. Karena akan mengurangi nafsu makanmu sebab perutmu akan terasa kenyang oleh air.

5. Konsumsi Cemilan Sehat

Cemilan Sehat
Cemilan Sehat

Kamu juga boleh menyelingi dengan memakan cemilan di sela-sela kegiatan kamu. Misalnya, ketika antara sarapan dan jam makan siang, kamu boleh mengkonsumis buah-buahan. Dan setelah makan siang ke sore, kamu juga boleh mengkonsumsi kacang kedelai atau kacang-kacangan lainnya. Lakukan secara rutin di jam-jam lainnya. Tentunya dengan cemilan yang varitif agar kamu nggak merasa bosan.

6. Rutin Olahraga

Olahraga
Olahraga

Olahraga denganlatihan kekuatan bisa membantumu meningkatkan berat badan lho. Nafsu makan kamu juga dapat merangsang nafsu makan kamu. Namun hindari olahraga kardio, seperti bersepeda, aerobik, dan lari karena dapat membakar lemak tubuh yang sebenarnya dibutuhkan untuk menggemukkan badan.

Baca Juga: Review Aplikasi Lose It!: Aplikasi yang Cocok Untuk Kamu yang Ingin Menurunkan Berat Badan

7. Minum Jus dan Smoothie

Jus dan Smootie
Jus dan Smoothie

Hindari kopi, soda, dan teh jika kamu ingin meningkatkan berat badan, karena minuman tersebut nggak memiliki gizi dan kalori. Untuk menghilangkan kebiasaan mengkonsumsi kopi, soda dan teh, kamu bisa menggantinya dengan jus buah atau smoothie. Gunakan susu full cream dan tambahkan chia sed, almond butter atau selai kacang untuk menambah kalori.

8. Perbaiki Kualitas Tidur

Perbaiki Kualitas Tidur
Perbaiki Kualitas Tidur

Ternyata kualitas tidur pun dapat berpengaruh terhadap berat badanmu lho. Ini karena ketika kamu kurang jam tidur, asupan gizi yang masuk ke dalam tubuhmu nggak akan terproses dengan baik.

Nah, itulah beberapa cara meningkatkan berat badan yang sangat ampuh. Jangan lupa untuk terus hidup sehat ya. Karena segala sesuatu yang ingin dicapai itu nggak ada yang instan, termasuk berat badan.

Selanjutnya: Yuk, baca kisah inspiratif Kulsoom Abdullah, seorang perempuan bergelar doktor yang juga atlet angkat besi!