5 Eksfolian Natural untuk Kulit Wajah

5 Eksfolian Natural untuk Kulit Wajah
ISTOCK

Semoga kamu tidak bosan dan muak dengan kata ini: eksfoliasi. Ingat mengeksfoliasi kulit merupakan elemen penting untuk merawat kulit.

Belakangan, kata ini sangat sering terdengar: eksfoliasi. Saking seringnya, jadi bosan dan muak. Namun jangan bosan, apalagi muak melakukannya, karena mengeksfoliasi kulit merupakan elemen penting untuk merawat kulit.

daihatsu banner

Seperti yang kamu sudah tahu, rutinitas ini berfungsi menyingkirkan sel-sel kulit mati dan membersihkan pori-pori tersumbat, sehingga kulit tetap sehat. Ada banyak caranya. Selain dengan memakai produk-produk di pasaran, tidak salahnya mencoba resep sendiri dengan menggunakan bahan-bahan yang tersedia di pantri dan kulkas. 

Inilah 5 Eskfolian Natural Untuk Wajahmu

BUBUK KUNYIT

Turmeric latte menjadi salah satu trend tahun ini. Apakah sebabnya? Bubuk kunyit mampu melepaskan sel-sel kulit mati, dan bakat terpendamnya: anti-inflamasi yang mengurangi kemerahan dan tekstur-tekstur tidak indah lainnya di kulit wajah.

Jadi, bahan eksfoliasi yang tepat. Cukup tambahkan satu sendok teh bubuk kunyit, satu sendok makan madu, dan 4-5 tetes lemon dan aplikaskan pada kulit wajah. Biarkan selama 10-15 menit, bilas dengan air hangat, lalu oleskan pelembab pada wajah. 

CUKA SARI APEL

Well, kamu mungkin sudah terlalu sering mendengar bahan ini beberapa bulan belakangan. Namun, hanya untuk menyegarkan memori: cuka apel ini mengandung pH yang mirip dengan kulit, sehingga mampu memperbaiki dan menyeimbangkan kelembapan kulit dan berfungsi sebagai selimut asam.

Ada beberapa cara untuk mengeksfoliasi, dan salah satunya adalah "memakan" sel-sel kulit mati, yang dilakukan oleh asam-asam pada cuka apel. Aplikasikan pada kulit dengan menggunakan kapas dan diamkan selama 20 detik. Ini merupakan waktu yang lebih dari cukup untuk mengeliminasi sel-sel kulit mata dan menggantikannya dengan lapisan baru. 

MADU

Madu tidak hanya memaniskan teh atau kopi. Memijat kulit dengan madu saat sedang bermasalah akan menguranginya tanpa menyebabkan iritasi. Di dalamnya terkandung unsur eksfolian yang bisa melepaskan sel-sel kulit mati dan mengurangi iritasi serta membuat wajah bersinar. 

YOGURT

Yogurt mengandung lactic acid, sebuah alpha hydroxy acid, yang "menyingkirkan sel-sel kulit mati. Bahan eksfoliasi lembut ini tidak hanya membantu menciptakan kilau alami dan mencegah jerawat, tapi juga mengurangi garis-garis dan kerutan halus. Aplikasikan di wajah sebagai masker untuk menenangkan kulit. 

BUAH ENZIM

"Apa itu buah enzim?" tanyamu. Enzim dari sumber alami, seperti buah, bekerja bersama dengan enzim di kulit untuk merevitalisasi kulit dan mengembalikan kilaunya pada wajah, leher, atau bagian lain. "Apa contohnya?" tanyamu lagi. Labu, tomat, dan nenas hanya beberapa contohnya. Cukup hancurkan satu dari buah tersebut dan aplikasikan konsistensinya ke kulit selama 15 menit sebelum membilasnya. 

Baca juga artikel yang membahas bahan natural lainnya:

Shop From Our Partner Cathaofficial.com