8 Rekomendasi Susu Ibu Hamil Yang Memiliki Nutrisi Lengkap

8 Rekomendasi Susu Ibu Hamil Yang Memiliki Nutrisi Lengkap
Cara Menghitung Masa Kehamilan - Menggunakan sistem fundus uteri

Rekomendasi susu ibu hamil terbaik yang mempunyai nutrisi tinggi dan lengkap yang di butuhkan oleh ibu hamil dengan harga yang terjangkau

WOOP.ID - Apakah mama tahu bahwa kebutuhan nutrisi ibu pada saat hamil mengalami peningkatan? Karena hal inilah biasanya ibu hamil (bumil) disarankan untuk minum susu khusus kehamilan. Ibu hamil memang disarankan untuk memperbanyak asupan makanan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi saat hamil.

Tetapi, selain dari makanan, asupan dari minuman seperti susu juga diperlukan untuk memenuhi kebutuhan gizi harian untuk ibu hamil.

Susu bisa dikatakan sebagai minuman pelengkap yang menyumbang cukup banyak energi dan zat gizi selama kehamilan.

Susu merupakan sumber kalsium yang baik bagi ibu hamil. Selain kalsium, susu ibu hamil biasanya mengandung nutrisi tambahan, protein, kalium, fosfor, AHA dan DHA, vitamin D, asam folat, serta yodium. Bahkan, beberapa susu khusus kehamilan juga dilengkapi oleh vitamin B6 atau piridoksin. Nutrisi tambahan ini penting untuk menjaga dan memenuhi kebutuhan nutrisi yang dibutuhkan ibu dan janin di dalam kandungan.

Kandungan Nutrisi Terbaik Dalam Susu Ibu Hamil

Berikut ini adalah beberapa nutrisi yang perlu Mama perhatikan pada saat memilih susu ibu hamil:

1. Kalsium

Kebutuhan kalsium bagi wanita berusia di atas 19 tahun adalah 1.000 mg per hari. Sementara, wanita yang berusia kurang dari 18 tahun atau wanita yang sedang hamil dan menyusui membutuhkan lebih banyak kalsium, yaitu 1.200 mg per hari.

Kalsium dibutuhkan untuk mencegah pengeroposan tulang atau osteoporosis, serta membantu menguatkan tulang bagi ibu hamil. Selain untuk ibu hamil, kalsium juga bermanfaat bagi janin. Berikut adalah beberapa manfaat kalsium bagi janin:

  • Membantu perkembangan jantung
  • Menjaga irama jantung yang normal
  • Membantu kemampuan pembekuan darah
  • Membentuk gigi dan tulang yang kuat
  • Membantu perkembangan saraf dan otot

Susu ibu hamil umumnya mengandung kalsium. Secangkir susu skim dapat memberikan sekitar 300 mg kalsium. Selain dari susu, Mama juga bisa mendapatkan kalsium dari sumber pangan lainnya, misalnya ikan sarden, daun kale, atau bok choy.

2. Protein

Protein adalah salah satu nutrisi utama yang dibutuhkan ibu hamil. Protein merupakan bahan dasar pertumbuhan dan perbaikan jaringan baru, membentuk sel-sel dan pembentukan organ pada janin, membentuk antibodi untuk sistem imun, membentuk hormon dan enzim, serta membawa oksigen dalam darah. Jumlah asupan protein yang direkomendasikan selama hamil adalah 60–90 gram per hari.

Protein bisa didapatkan dari susu dan produk olahannya termasuk keju, mentega, dan yoghurt. Selain itu ayam, daging merah tanpa lemak, ikan, telur, dan kacang-kacangan seperti kedelai yang merupakan sumber protein baik bagi ibu hamil. Berikut adalah beberapa manfaat protein bagi janin dan ibu hamil :

  • Sebagai sumber zat gizi tambahan
  • Menguatkan kandungan 
  • Mencegah kekurangan energi saat persalinan
  • Mencegah berat badan lahir rendah (BBLR)
  • Mencegah dehidrasi bagi bumil 
  • Membantu pertumbuhan dan perkembangan janin
Shop From Our Partner Cathaofficial.com