Ini Faktor Pemicu Jerawat pada Orang Dewasa

Ini Faktor Pemicu Jerawat pada Orang Dewasa
ISTOCK

Salahkan: pola kerjamu.

Sama nasibnya dengan folder FidoDido dan cowok yang merasa paling keren sedunia, kita berharap puluhan jerawat di wajah merupakan hal yang bisa ditinggalkan pada masa kegelapan tersebut alias periode remaja. Sayangnya, hidup tidak sebaik itu, bahkan sebagai orang dewasapun jerawat tetap bertebaran dimana-mana. Apa penyebabnya? Berikut beberapa pelaku kejahatannya. 

#1: PEKERJAANMU

Ini bukan becandaan, tapi pekerjaanmu memberikan kontribusi yang besar pada kemulusan wajah. Menurut studi dari Wake Forest University, stress emosional bisa memperparah atau bahkan menyebabkan jerawat. Oleh karena itu, disarankan untuk memiliki metode melepas stress yang ampuh, mulai dari yoga, lari, sampai mandi hujan (apapunlah). 

#2: KOPI DI PAGI HARI

Jika ada susu di dalamnya, bisa jadi merupakan penyebab jerawat berdatangan. Sebuah penelitian dari Harvard pada tahun 2005 membuktikan ada hubungan yang akrab antara konsumsi susu dengan jerawat—terutama skim milk. Untungnya, keju dan yogurt tidak berdampak sama dikarenakan merupakan makanan fermentasi. Jadi, ganti susu biasa dengan misalnya, nut milk

#3: SMOOTHIE SEHABIS OLAHRAGA

Akan tetapi hanya jika terdapat satu bahan: whey protein. Sebuah penelitian di Federal Univeristy Paraiba, Brazil, mengatakan bahwa meminum whey protein shakes atau mengkonsumsi suplemen protein yang mengandung whey bisa mengakibatkan jerawat, karena protein ini pada dasarnya adalah susu. 

#4: POLA MAKAN TANPA IKAN

Ada satu alasan lagi untuk mencoba mengikuti kampanye pemerintah tentang lebih sering mengkonsumsi ikan. Dari sebuah studi di Italia ditemukan bahwa memakan lebih banyak ikan mengurangi resiko jerawat pada orang dewasa. Ini bisa jadi merupakan efek dari minyak ikan yang memang mengurangi inflamasi pada kulit. 

#5: OBSESIMU DENGAN YANG MANIS-MANIS

Well, maafkan jika fakta ini membuatmu naik pitam. Sebuah penelitian di Italia memperlihatkan asosiasi antara jerawat dengan high-glycemic-load diet, artinya pola makan dengan banyak mengkonsumsi gula-gulaan seperti Coke, kue, cupcakes, permen, dan lain-lain. 

#6: KEBIASAAN MEROKOK

Seperti yang dibilang seorang teman, merokok sebuah pilihan. Namun, jika kondisi wajah yang selalu berjerawat membuatmu tidak percaya diri, mungkin menghentikan kebiasaan merokok layak untuk dipertimbangkan. Sebuah penelitian dari San Gallicano Dermatological Institute menemukan korelasi yang erat antara rokok dan jerawat pada orang dewasa.

#7: BERAT BADANMU

Sebuah penelitian juga mengaitkan bahwa perempuan yang memiliki BMI (body mass index) tinggi bisa berakibat jerawatan. Alasannya, mereka cenderung memiliki resiko lebih besar menderita polycystic ovary syndrome (PCOS), sebuah perubahan hormon yang menyebabkan jerawat. Akan tetapi, sebenarnya bahkan pada kondisi tidak hormonal, BMI yang tinggi bisa memperparah jerawat.