Tips Terbaik Kulit Bebas Jerawat

Tips Terbaik Kulit Bebas Jerawat
ISTOCK

Bebas, sebebasnya. 

Ada begitu banyak tips tentang pencegahan jerawat di luar sana. Saking banyaknya, kadang-kadang bingung mana yang harus dilakukan terlebih dahulu dan benar-benar ampuh. Untuk meringankan hidupmu, WOOP menyarikan tips terbaik untuk menjaga dan mengembalikan kemulusan dan kesehatan kulit wajah.

EKSFOLIASI

Eksfoliasi adalah kunci penting dari proses perawatan kulit, terlebih jika kamu berperang melawan jerawat setiap hari. Selain mencuci wajah setiap malam, krusial pula untuk menggunakan pembersih eksfoliasi, yang mengandung glycolic acid, AHAs, dan BHA, serta enzim seperti pepaya, labu, dan nenas; eksfoliasi tiga malam berturut-turut kemudian istirahat tiga hari dan ulangi pola yang sama.

PELEMBAB DAN PELINDUNG

Setelah dibersihkan, sangat krusial untuk mengembalikan kelembaban kulit dan mencegahnya dari kerusakan dengan SPF. Jika sering gagal melakukannya, kulit menjadi kering, yang kemudian mengakibatkan kulit memproduksi lebih banyak minyak sebagai kompensasi. Ingat baik-baik: SPF merupakan komponen esensial dari pelembab siang hari, karena produk-produk jerawat dan eksfoliasi menyebabkan kamu lebih rentan terhadap kerusakan akibat sinar matahari.

JANGAN DIKOREK-KOREK

Seberapa menggodanya pun rona merah jerawat dan rasanya ingin sekali mencungkilnya, lebih baik serahkan kepada ahlinya. Jika tetap menyerah pada godaan ini, kemungkinan besar kamu akan merusak kulit dan berakhir menjadi luka permanen atau hiperpegmentasi. Bahkan menyentuh wajah terlalu sering bisa mengakibatkan bakteri dan kotoran dari tangan akhirnya mendarat dengan mulus di pori-pori kulit yang sensitif. Jangan lakukan lagi!

RAWAT DARI DALAM

Perawatan dari dalam tidak kalah pentingnya dengan dari luar. Sangat direkomendasikan untuk menghindari gula, susu, dan gandum; lebih banyak mengonsumsi sayuran dan green juice merupakan pilihan yang lebih tepat sebagi nutrisi kulit yang lebih sehat. Selain itu, memperhatikan agar tubuh tetap terhidrasi dengan baik merupakan satu faktor yang wajib diingat.

JANGAN BEROLAHRAGA DENGAN MAKEUP

Mutlak hukumnya: mencuci wajah sebelum berolahraga. Pasalnya, berolahraga dengan makeup masih menempel di wajah bisa memperburuk kondisi berjerawat pada orang dewasa. Selain itu, jangan lupa untuk membersihkannya secara menyeluruh setelah berkeringat untuk mencegah pori-pori tersumbat dan berjerawat.

TIDUR CUKUP

Memiliki waktu tidur berkualitas baik dapat meningkatkan keatraktifan dan kondisi kesehatan secara drastis. Jika tidak mendapatkan tidur yang cukup, pasti kamu akan melihatnya dengan jelas di kulit—mulai dari kompleksi yang memerah dan jerawat yang bandelnya luar biasa. Sebuah penelitian di Jepang menemukan bahwa stress, kurang tidur, dan keringat merupakan tiga penyebab utama wajah berjerawat pada kalangan remaja. Studi lain menemukan bahwa stress secara psikologis dapat meningkat 14% untuk setiap jam dari kehilangan tidur setiap malam. 

JANGAN HANYA MENCUCI WAJAH

Tidak cukup hanya mencuci wajah, membersihkan hal-hal yang secara teratur menyentuh wajah—sarung bantal, seprei, handuk wajah, makeup brushes—juga wajib hukumnya jika tidak ingin bakteri menumpuk dan merusak kulit. Nyaris tidak ada gunanya rajin membersihkan wajah setiap malam, tapi begitu menyentuh bantal—dan selama delapan jam—pori-porimu berhadapan langsung dengan bakteri dan unsur-unsur kimia yang ada di seprei.