Obati Sakit Gigi, Ini 9 Manfaat Lain Bawang Putih untuk Kesehatan!

Obati Sakit Gigi, Ini 9 Manfaat Bawang Putih untuk Kesehatan
Manfaat Bawang Putih

Ini dia berbagai manfaat bawang putih yang berguna untuk kesehatan tubuh. Salah satunya mampu mengobati sakit gigi!

Bawang putih biasanya selalu digunakan hampir di setiap masakan Indonesia. Tetapi ternyata manfaat bawang putih tidak hanya untuk menambah cita rasa makanan, namun juga dipercaya berkhasiat untuk kesehatan tubuh. Bahkan di beberapa negara, bawang putih juga digunakan untuk berbagai keperluan medis. Sejumlah studi menunjukkan manfaat mengonsumsi bawang putih yang berpengaruh pada kesehatan tubuh. Untuk itu, berikut Woop sudah merangkum beberapa manfaat bawang putih untuk kesehatan.

Manfaat Bawang Putih

1. Mencegah masuk angin dan batuk

Manfaat Bawang Putih - Mencegah masuk angin dan batuk
Manfaat Bawang Putih - Mencegah masuk angin dan batuk

Menurut hasil penelitian, mengonsumsi bawang putih secara teratur bisa menurunkan risiko terkena masuk angin dan batuk hingga 50 persen. Kamu bisa menggerus 2 siung bawang putih dan menyeduhnya dengan air hangat lalu minum.

2. Menurunkan kolesterol

Bawang putih bakar memiliki senyawa allicin yang dapat membantu mengatur kadar kolesterol dalam tubuh. Sebaiknya konsumsi bawang putih bakar secara teratur untuk mendapatkan hasil yang efektif.

3. Mengobati sakit gigi

Manfaat Bawang Putih - Mengobati sakit gigi
Manfaat Bawang Putih - Mengobati sakit gigi

Sakit gigi umumnya disebabkan oleh bakteri yang masuk ke dalam tubuh, maka anti bakteri pada bawang putih akan segera membasminya. Kandungan analgesik pada bawang putih juga ampuh untuk mengurangi rasa sakit yang timbul saat sakit gigi.

4. Menurunkan tekanan darah tinggi

Bawang putih mengandung antioksidan dan allicin. Kedua senyawa ini memiliki kemampuan untuk menurunkan tekanan darah tinggi dengan cara melancarkan sistem peredaran darah dan juga menyehatkan arteri.

Baca juga: 10 Manfaat Luar Biasa Lobak Putih untuk Perempuan

5. Mengobati infeksi paru-paru

Sifat anti bakteri dan anti mikroba pada bawang putih akan melawan kuman, bakteri, dan mikroba yang menjadi penyebab infeksi paru-paru. Rutinlah mengonsumsi 2 siung bawang putih per hari.

6. Mengatasi keputihan

Manfaat Bawang Putih - Mengatasi keputihan
Manfaat Bawang Putih - Mengatasi keputihan

Bawang putih memiliki sifat anti bakteri dan anti jamur. Mengatasi keputihan dengan bawang putih cukup efektif, dengan rutin mengonsumsi bawang putih bahkan dapat menghambat bakteri masuk pada area kewanitaan.

7. Meningkatkan kesehatan tulang

Mengonsumsi bawang putih dapat meminimalisir kerusakan tulang dengan meningkatkan estrogen pada wanita. Sebuah studi yang dilakukan pada wanita menopause menemukan bahwa mengonsumsi 2 gram bawang putih mentah setiap hari bisa menurunkan penanda defisiensi estrogen.

8. Menurunkan berat badan

Manfaat Bawang Putih - Menurunkan berat badan
Manfaat Bawang Putih - Menurunkan berat badan

Enzim alami dalam bawang putih akan meningkatkan sistem metabolisme tubuh. Dengan lancarnya sistem metabolisme tubuh, maka lemak yang tertumpuk pada bagian tertentu pada tubuh akan berkurang.

9. Mengurangi jerawat

Manfaat Bawang Putih - Mengurangi jerawat
Manfaat Bawang Putih - Mengurangi jerawat