5 Perempuan Hebat Paling Inspiratif di Dunia

5 Perempuan Hebat Paling Inspiratif di Dunia
Dok. Oprah Magazine
5 Perempuan Hebat Paling Inspiratif di Dunia

Perempuan adalah sosok yang hebat. Setuju? Seperti lima sosok perempuan inspiratif yang ‘mengubah’ dunia.

Dahulu, perempuan selalu dipandang lemah, mudah menyerah, dan tidak bisa lebih sukses melebihi pria. Namun berbeda dengan sekarang, perempuan dianggap memiliki power yang lebih dibandingkan pria. Banyak perempuan yang berjuang keras dalam mewujudkan impiannya, bahkan berhasil menciptakan perubahan positif diberbagai sektor hingga mendapat pengakuan dunia.

Kesetaraan genre mulai terlihat, terbukti dengan banyaknya perempuan yang sukses menjadi pemimpin di perusahaan besar bahkan menjadi menteri. Perempuan memiliki hak untuk mencapai sukses yang setara dengan pria, bekerja keras untuk mewujudkan mimpinya, menggeluti profesi yang diimpikan dan menciptakan kesuksesan. Emansipasi membuat perempuan berhak menjalani pilihan hidupnya, sehingga menjadikan perempuan berani mewujudkan impian dan kesuksesan tanpa batas. Seperti lima sosok perempuan hebat dunia yang sukses dibidangnya masing-masing.

  • Malala Yousafzai
Dok. Istimewa
Dok. Istimewa

Pernah mendengar tentang Malala Yousafzai? Yep, dia adalah perempuan termuda asal Pakistan yang pernah menerima penghargaan kemanusiaan tertinggi; Nobel Prize, pada usia 17 tahun. Malala mendapatkan Nobel karena kontribusinya dalam bidang kemanusiaan dan pendidikan yaitu dengan melakukan suatu gerakan untuk membela hak perempuan yang tidak mendapatkan pendidikan layak. Dibalik perjuangannya, Malala mengalami usaha yang tidak mulus, ia sempat dikejar oleh para kelompok taliba yang menyiksanya secara fisik hingga kepala dan lehernya terluka. Meskipun berat perjuangan yang dilakukannya, hal itu tidak membuatnya menyerah dan tetap menjalankan aksi kemanusiaannya.

  • Jennifer Fan
Dok. Istimewa
Dok. Istimewa

Jennifer Fan merupan seorang pebisnis di sektor financial. Pada usia 19 tahun, ia memutuskan bersekolah di Amerika dengan mengambil jurusan keuangan dan menjadi intern di Bank of America, yang membuatnya belajar tentang trading dan investasi. Setelah lulus dari bangku kuliah, Fan memustuskan bekerja di Morgan Stanley, di sana ia belajar lebih banyak lagi mengenai trading dan investasi dengan menemui berbagai macam orang. Akhirnya pada tahun 2012, Fan mendirikan perusahaannya sendiri bernama Arbalet Capital yaitu perusahaan yang berinvestasi pada bidang energi dan agrikultur. Di usia 29 tahun, Fan berhasil menjadi seorang Founder dan CEO untuk perusahaan sendiri yang juga membuatnya dinobatkan sebagai “Youngest Wall Street Veteran” oleh majalah Forbes pada tahun 2013 karena prestasi dalam bidang bisnis investasi yang diraihnya.

Baca: Tri Rismaharini, Perempuan Hebat Indonesia Walikota Terbaik

  • Tavi Gevinson
Dok. Istimewa
Dok. Istimewa

Di usianya yang masih muda---20 tahun-- Tavi Gevinson sudah menjadis seorang editor disebuah majalah fashion ternama di Amerika. Berkat hobi menulisnya, ia bisa menginspirasi banyak orang dalam bidang fashion. Tidak puas hanya menjadi editor dan penulis, ia juga merambah karier di dunia akting dengan menjadi aktris dan telah membintangi beberapa film. Dalam bidang kemanusian, Tavi terkenal menjadi salah satu anggota forum diskusi dan mendukung gerakan feminism--kelompok yang mendukung kesetaraan perempuan--dan menjadi sosok inspirasi bagi wanita seumurnya untuk berani mencoba berbagai hal dan meraih kesuksesan dengan cara yang positif.

  • Michelle Obama
Dok. Istimewa
Dok. Istimewa

Siapa yang tidak mengenal Michelle Obama? Yep, menjadi ibu negara Amerika Serikat selama dua periode--dari tahun 2009 hingga 2017-- ini mencetak sejarah karena menjadi ibu negara kulit hitam pertama di Amerika Serikat. Selain itu juga, Michelle telah memberikan banyak kontribusi positif untuk berbagai bidang seperti, kesehatan, pendidikan, ekonomi dan kemanusiaan. Michelle telah membuktikan kepada banyak orang bahwa menjadi ibu negara tidaklah hanya menjadi pendamping presiden tapi juga bisa ikut memberikan perubahan yang positif untuk negara. Ada cerita menarik dalam hidup seorang Michelle Obama, dulu ia banyak mengalami diskriminasi karena warna kulit yang dia miliki. Dia sendiri mengakui bahwa banyak yang skeptis terhadap kemampuannya untuk bisa kuliah di perguruan tinggi terbaik karena dia adalah wanita kulit hitam. Michelle pun membuktikan dengan melanjutkan pendidikan di Universitas terbaik Amerika, yakni Harvard University, sampai S2 dibidang ekonomi dan hukum, meskipun dia bukan berasal dari keluarga yang kaya.

  • Sri Mulyani
Dok. Instagram @smindrawati
Dok. Instagram @smindrawati

Perempuan hebat dan menginspirasi lainnya datang dari Indonesia. Yep, dia adalah Sri Mulyani Indrawati. Selama karirnya di pemerintahan Sri Mulyani berhasil meraih penghargaan sebagai Menteri Keuangan Terbaik pada tahun 2006 versi Emerging Markets dan menjadi perempuan paling berpengaruh nomer 23 versi majalah forbes. Sempat diberitakan tersandung kasus bailout Bank Century, justru bukannya terpuruk sosok Sri Mulyani semakin dikagumi oleh mata dunia karena membuktikan dirinya memang jujur dan bersih dari kasus tersebut dengan berhasil menjadi perempuan Indonesia pertama yang diangkat menjadi Direktur Pelaksana oleh Bank dunia pada tahun 2010. Pada tahun 2019, Sri Mulyani kembali dinobatkan sebagai Menteri Keuangan Terbaik di Asia Pasifik untuk ketiga kalinya. Selamat, ibu!

Selanjutnya: Wajib coba! Review lipstik Revlon pilihan Woop.