10 Inspirasi Menu Sehat MPASI Yang Lezat Bergizi Dan Simple

10 Inspirasi Menu Sehat MPASI Yang Lezat Bergizi Dan Simple
Curhat Sandra Dewi yang Kesulitan Menyiapkan MPASI - 1

Inspirasi menu sehat MPASI yang lezat bergizi dan simple untuk bayi 6 bulan yang bisa mama buat sendiri dengan mudah

WOOP.ID - Di usia 6 bulan, ini saatnya si buah hati masuk fase pengenalan makanan pendamping ASI (MPASI) karena kebutuhan kalori bayi bertambah yaitu 600 kalori perhari.

Rinciannya yaitu 400 kalori didapatkan dari ASI eksklusif dan 200 kalori lainnya dari makanan pendamping ASI (MPASI).

Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) juga menyarankan untuk membuat menu 4 bintang yaitu yang terdiri dari karbohidrat, protein hewani dan nabati serta sayuran.

Pastikan juga si kecil dalam sehari sudah benar-benar mencukupi semua nutrisi yang ia butuhkan ya Moms. 

Inilah Berbagai Tanda Bayi Siap Makan 

  • Kepala bayi sudah tegak dan sudah bisa duduk tanpa bantuan atau dipegangi.
  • Bayi membuka mulutnya ketika Mama menyodorkan makanan.
  • Bayi mulai menunjukkan gerak-gerik dan ekspresi atas ketertarikannya ketika Mama makan dan berusaha meraih makanan.
  • Bayi meraih dan mengambil sesuatu kemudian memasukkannya ke dalam mulut. Khususnya untuk makanan yang ada di dekatnya.

Membuat makanan pendamping ASI tentu menjadi tantangan tersendiri karena ibu juga perlu memerhatikan teksturnya.

Makanan harus di haluskan terlebih dahulu menjadi bubur kental atau puree agar si buah hati tidak tersedak. 

Selain itu, Mama juga harus melihat bagaimana sensitivitas bayi terhadap makanan tertentu, khususnya jika si buah hati menunjukkan reaksi alergi.

Berikut beberapa makanan yang umumnya memunculkan alergi pada bayi dan anak-anak yaitu: 

  • Kacang-kacangan
  • Susu
  • Telur
  • Gandum
  • Kedelai
  • Ikan
  • Kerang

Jadwal menu MPASI 6 bulan 4 bintang tersebut lebih baik dikenalkan saat bayi berusia 6 bulan, kecuali susu sapi lebih baik hindari  susu sapi hingga bayi berusia 12 bulan karena bayi belum mampu mencerna protein susu sapi hingga usia tersebut.

Mama juga disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter anak mengenai makanan berpotensi alergi di atas yang ingin diberikan sebagai makanan bayi. 

Berikut Beberapa Makanan Terbaik Untuk Resep MPASI 

1. Puree Buah

Memperbanyak Konsumsi Sayur-sayuran dan Buah-buahan
Memperbanyak Konsumsi Sayur-sayuran dan Buah-buahan

Mama bisa memberikan makanan ini sebagai makanan utama atau snack. buah-buahan adalah sumber vitamin, mineral, dan serat yang baik bagi tubuh. Buah yang bisa di pilih seperti apel, semangka, pepaya, pisang, alpukat. 

Shop From Our Partner Cathaofficial.com