Jangan Biarkan Bercak Putih Hidup Pada Kulit! Nih, Simak 6 Jenis Penyakit Kulit dan Cara Hindarinya

Bercak Putih Pada Kulit? Ini 6 Jenis dan Cara Hindarinya!
Bercak Putih Pada Kulit

Memiliki sejumlah warna kulit yang berbeda di tubuh memang kerap menganggu penampilan. Ini penyebab dan cara cegahnya!

Penampilan merupakan salah satu hal yang sangat diperhatikan bagi setiap orang. Bukan hanya menjadi perhatian diri sendiri, namun penampilan juga menjadi perhatian orang lain yang kita jumpai tiap harinya. 

Kemunculan perbedaan warna pada kulit pun tentunya akan menjadi sorotan perhatian dari orang lain. Seperti bercak putih yang kerap kali muncul di kulit tubuh yang tentunya mengganggu penampilan kita. 

Oleh karena itu, Woop merangkum 6 jenis penyebab serta cara hindari munculnya bercak putih di kulit. Yuk, pahami penyebabnya!

Penyebab dan Cara Hindari Bercak Putih di Kulit

1. Bintik Matahari

Bercak Putih - BintikMatahari
Bercak Putih - BintikMatahari

Sinar matahari memang merupakan sesuatu yang membantu kehidupan ini, namun sinar matahari dapat memberikan efek yang tidak diduga terhadap kulit. Sebuah bercak putih kecil pada kulit atau biasa dikenal dengan bintik matahari muncul akibat dari sinar mataharin secara langsung. Bintik matahari juga bisa muncul dari terlalu lamanya berjemur di bawah sinar matahari langsung.

Cara cegah: 1. Hindari sinar matahari langsung ; 2. Gunakan sunscreen secara regular ; 3. Gunakan pakaian yang menyelimuti kulit

2. Jamur

Bercak Putih - Jamur
Bercak Putih - Jamur

Ragi, sebuah kegunaan dari jamur yang dapat membantu dalam mengembangkan adonan kue, namun itu juga merupakan salah satu dari banyak mikroorganisme yang hidup di bagian kulit kita. Serupa namun tak sama, jamur yang muncul di kulit akan mengakibatkan timbulnya panu. Panu muncul dengan adanya bercak putih yang sebelumnya muncul dengan kemerahan di kulit yang timbul bersamaan dengan gejala gatal, dan kulit yang kering.

Cara cegah: 1. Hindari sengatan panas yang berlebih ; 2. Hindari aktivitas yang menimbulkan keringat yang berlebih.

3. Pityriasis Alba

Bercak Putih - pityriasis alba
Bercak Putih - pityriasis alba

Pityriasis alba merupakan sebuah penyakit kulit yang banyak menyerang anak-anak dan remaja. Orang yang mengidap penyakit ini pada umumnya memiliki bercak merah atau merah muda pada kulitnya di mana bentuknya bisa bulat hingga tidak beraturan. Namun seiring berjalannya waktu, PA dapat memberikan warna yang lebih terang dengan memutih. Meskipun kerap dijumpai oleh anak-anak hingga remaja, penyebab dari penyakit ini masih belum diketahui.

Cara cegah: 1. Gunakan air hangat suam-suam kuku ; 2. Gunakan pelembap yang berbentuk cream ; 3. Hindari penggunaan produk yang mengandung pengharum.

Baca: Perlu Di Waspadai! Ketahui 7 Ciri-Ciri Awal Kanker Kulit

4. Milia

Bercak Putih - Milia
Bercak Putih - Milia

Bercak putih yang muncul pada kulit ini memang kerap muncul di kulit dari seluruh kalangan usia. Milia merupakan sekelompok bintik kecil yang berwarna putih, dan menggerombol banyak pada kulit wajah. Milia sendiri kerap muncul di pipi, hidung, mata, dan kelopak mata.

Cara cegah: 1. Gunakan sabun dengan kandungan bebas minyak untuk membersihkan kulit ; 2. Lembapkan area yang dipenuhi oleh Milia ; 3. Gunakan serum dengan vitamin C dan vitamin A.

5.Vitiligo

Bercak Putih - Vitiligo
Bercak Putih - Vitiligo

Vitiligo merupakan penyakit autoimun yang terjadi sebagai dampak dari kehilangannya melanosit atau sel penghasil melanin. Dampak dari kehilangan melanosit sendiri dapat meninggalkan bercak putih di kulit. Bercak yang timbul dapat memiliki ukuran yang bervarisasi.

Cara cegah: Meditasi yang mempengaruhi sistem imun.

6. Eczema

Bercak Putih - Eczema
Bercak Putih - Eczema

Eczema atau biasa dikenal dengan eksim susu yang dapat muncul di bagian tubuh mana saja. Kemunculan bercak putih di kulit ini dapat memberikan efek gatal dan menyebabkan kulit kasar.

Cara cegah: 1. Pelembap merupakan hal yang paling dibutuhkan untuk penyakit ini ; 2. Kurangi aktivitas yang dapat mengacu pada stress, keringat, dan alergi.

Itu dia jenis penyakit kulit yang meninggalkan bercak putih. Sudah pahamkah mengenai jenis penyakit kulit serta cara hindarinya, Woop Ladies?

Selanjutnya:Buah pepaya diketahui baik untuk tubuh. Begitu pun sabun pepaya, yang kabarnya memiliki berbagai manfaat terhadap kulit tubuh. Yuk, baca di sini!